Tips Menjaga Pola Makan Sehat Bagi Anak Selama Belajar Di Rumah

0
312
PARENTINGISLAM.ID – – Hingga saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung di berbagai negara termasuk Indonesia. Sebagian orang masih menghabiskan waktu kerja di rumah saja ketika work from home (WFH) termasuk anak-anak yang masih harus menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Kondisi demikian bisa membentuk gaya hidup yang tidak sehat khususnya dari sisi asupan gizi dan makanan harian. Apalagi bila tidak mengimbanginya dengan melakukan aktivitas fisik seperti olah raga.
Oleh sebab itu, menjadi perhatian penting untuk mengetahui bagaimana tips menjaga pola makan sehat. Sehingga, anak-anak tidak terlalu banyak makan, atau terlalu sedikit yang bisa mengakibatkan kekurangan nutrisi.
Karena itu, ketahui bagaimana cara mengatur pola makan tetap sehat ketika sedang bekerja di rumah, tanpa mengalami kenaikan berat badan yang berlebih berikut ini.
Tips Menjaga Pola Makan Sehat
Mengutip National Health Service, kunci dari pola makan sehat adalah makan dalam jumlah kalori yang tepat, dan disesuaikan dengan seberapa aktif  melakukan aktivitas sehari-hari.
Bunda juga harus berbagai macam makanan untuk memastikan tubuh mendapatkan menerima semua nutrisi yang dibutuhkan. Berikut tips menjaga pola makan sehat kala work from home selama pandemi COVID-19. makan

 

  1. Fokus Makan Buah dan Sayuran
Buah-buahan dan sayur-sayuran adalah kunci untuk pola makan yang sehat ketika tidak banyak aktivitas yang dilakukan selama work from home, karena kedua makanan ini memiliki nutrisi tinggi, tetapi rendah kalori.
Dalam jurnal Advances in Nutrition, buah-buahan dan sayuran memiliki konsentrasi nutrisi dan vitamin, terutama vitamin C dan A, mineral, dan antioksidan.
Selain itu, buah dan sayuran direkomendasikan sebagai sumber serat makanan, yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Sehingga, Bunda tak perlu makan camilan tidak sehat lainnya.
  1. Pilih Jenis Protein yang Terbaik
Bahkan jika anak-anak jarang berolahraga, otot masih membutuhkan protein. Melansir Heart Foundation, pilih daging tanpa lemak dan unggas tanpa kulit, dan konsumsi ikan atau makanan laut sebanyak 2-3 kali seminggu.
Memanggang atau membakar adalah cara paling sehat untuk memasak daging dan ikan. Sementara, makanan laut memberikan asam lemak esensial yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.
Sebagai sumber protein lain untuk pola hidup sehat kala work from home, anak-anak bisa konsumsi susu rendah lemak, yogurt, dan tambahkan pada menu sarapan yang mengenyangkan.
  1. Hati-hati dengan Karbohidrat
Berhati-hati dalam memilih sumber karbohidrat untuk dikonsumsi, sebagai cara untuk menjaga pola makan sehat selama work from home dengan minim aktivitas fisik.
Bunda bisa menghindari karbohidrat yang mengandung tepung seperti nasi putih, roti putih, pasta tepung putih, kue, atau kerupuk untuk anak-anak.
Sebaiknya, pilih oatmeal atau granola tanpa pemanis buatan untuk sarapan yang mengenyangkan dan menyehatkan, atau cukup makan satu atau dua potong roti gandum dengan keju dan madu.
  1. Tambahkan Bumbu untuk Menambah Cita Rasa
Menambahkan bumbu untuk memberikan cita rasa yang lezat juga merupakan tips yang cenderung diabaikan. Tetapi, pilihlah bumbu yang lebih alami dan hindari bumbu penyedap rasa MSG.
Dalam EXCLI Journal, diyatakan bahwa meskipun MSG memiliki nilai sebagai penambah rasa, tetapi ada kemungkinan efek toksik dengan aditif makanan yang populer ini.
Efek toksik ini termasuk penyakit sistem saraf pusat, obesitas, gangguan pada fisiologi jaringan adiposa, kerusakan hati, dan gangguan fungsi reproduksi.
Sebagai pilihan alternatif, coba menggunakan kayu manis dan madu bisa menambah rasa pada semangkuk oatmeal dan yogurt. Atau, untuk saus salad yang praktis, campur minyak zaitun, cuka putih, jus lemon, garam dan merica.
Itu dia Bunda, beberapa tips menjaga pola makan tetap sehat kala work from home di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia. Selamat mencoba dan semoga pandemi segera berakhir. [ ]

Sumber:orami.co.id

5

Redaksi: admin

8