Menu Makanan Sehat untuk Balita, Yuk Bunda 5 Rekomendasi 

0
61
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – –  Anak balita tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan cukup dalam masa pertumbuhannya. Hal ini bertujuan agar tumbuh kembangnya berjalan secara optimal. Baik dalam aspek mental, perkembangan motorik, hingga perkembangan kognitif anak.

Lantaran dalam usia ini, Si Kecil tengah aktif bermain dan belajar. Karena itu, penting bagi orang tua untuk senantiasa memberikan makanan sehat bergizi seimbang. Jika saat ini ibu masih bingung terkait makanan yang perlu diberikan, ketahuilah beberapa rekomendasi menu makanan sehat untuk balita.

Seperti dikutip dari halodoc, berikut adalah beberapa rekomendasi makanan untuk dimasukan dalam menu sehat untuk balita:

  1. Nasi

Karbohidrat membantu tubuh anak menggunakan lemak dan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Salah satu sumber karbohidrat tinggi yang dapat dikonsumsi anak adalah nasi.

 

  1. Oatmeal

Anak kecil tidak akan menguasai gerakan menggertakkan rahang, yang membantu mengunyah dengan benar, sampai mereka berusia sekitar 4 tahun. Sementara itu, makanan mereka harus dihaluskan atau dipotong kecil-kecil agar mudah dikunyah.

Selain nasi, oatmeal juga dapat menjadi pilihan yang bagus karena balita sedang merasakan transisi mengunyah makanan. Sebab, makanan ini mudah ditelan dan membanggakan profil nutrisi yang mengesankan dengan banyak protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak sehat.

Terlebih lagi, oat menyediakan banyak serat, yang membantu menjaga saluran pencernaannya tetap sehat dan teratur.

  1. Telur

Telur adalah makanan yang terbukti bermanfaat dalam mendukung kesehatan mata dan perkembangan otak yang tepat. Sebab, makanan ini kaya akan protein, lemak sehat, dan sejumlah nutrisi lainnya. Ibu bisa mengaduk atau menyajikan telur dengan cara direbus dan dikupas. Pastikan juga untuk memotong salah satunya menjadi potongan seukuran gigitan, terutama saat balita berusaha makan sendiri.

Meski begitu, penting diingat kalau telur termasuk sebagai salah satu penyebab alergi yang paling umum untuk anak-anak. Adapun, gejala dari reaksi alergi makanan dapat meliputi gatal-gatal, hidung tersumbat, masalah pencernaan, batuk, mengi, dan sesak napas.

Karena itu, penting untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter sebelum menyajikan Si Kecil telur.

  1. Sayuran dan Buah-Buahan

Menu sehat untuk balita yang juga dapat dijadikan sebagai pilihan adalah sayuran berdaun hijau. Misalnya seperti bayam, brokoli, kale, sawi, hingga kangkung. Selain dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, sayuran berdaun hijau mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan Si Kecil. Contohnya seperti zat besi, berbagai macam vitamin, kalsium, hingga asam folat.

Selain sayuran, ibu juga perlu memasukan buah yang juga kaya nutrisi sebagai bagian dari menu sehat balita. Ada sejumlah buah yang dapat menjadi pilihan, termasuk alpukat, jeruk, pisang, hingga blueberry. Sebagai contoh, alpukat mengandung lemak tidak jenuh dengan kadar tinggi yang menyehatkan tubuh.

Dengan demikian, mengonsumsi buah seperti alpukat dapat memberikan asupan kalori sehat pada Si Kecil sesuai kebutuhannya. Sementara itu contoh buah lain seperti pisang, dapat memberikan karbohidrat dan mineral yang juga menyehatkan tubuh anak.

  1. Daging

Selain telur, daging merupakan sumber protein yang baik dan dapat dijadikan lauk pauk untuk menu makanan balita. Protein sendiri berperan penting dalam membantu regenerasi sel pada tubuh dan mendorong fungsi kognitif anak. Selain itu, asupan protein yang tepat bisa mendukung pertumbuhan anak dengan baik dengan menghasilkan berat badan yang sehat. Nah, ibu bisa memasukan daging ayam atau daging ikan salmon sebagai bahan menu sehat Si kecil.

Itulah beberapa rekomendasi menu makanan sehat untuk balita. Jika ibu masih memiliki pertanyaan seputar menu balita atau Si kecil memiliki keluhan medis, segeralah hubungi dokter. [ ]

5

Redaksi: admin

905