Malam Nisfu Syaban, Ini Amalan Yang Perlu Disampaikan dan Diajarkan Pada Anak

0
90
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – – Malam Nisfu Sya’ban, yang jatuh pada tanggal 24 Februari 2024 ( Sabtu malam Minggu ) merupakan momen istimewa dalam kalender Islam yang dipenuhi dengan keberkahan dan kemurahan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam, malam ini termasuk dalam lima malam yang amat dianjurkan untuk beribadah dan berdoa.  Dalam haditsnya Rasululllah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda:

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا فَإِنَّ اللَّهَ يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا فَيَقُولُ أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِي فَأَغْفِرَ لَهُ أَلَا مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقَهُ أَلَا مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ .

Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah bersabda: “Apabila sampai pada malam Nisfu Sya’ban, maka shalatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena sesungguhnya Allah akan turun ke dunia pada malam tersebut sejak matahari terbenam dan Allah berfirman: “Tidak ada orang yang meminta ampun kecuali Aku akan mengampuni segala dosanya, tidak ada yang meminta rezeki melainkan Aku akan memberikannya rezeki, tidak ada yang terkena musibah atau bencana, kecuali Aku akan menghindarkannya, tidak ada yang demikian, tidak ada yang demikian, sampai terbit fajar” (HR. Imam Ibnu Majah dalam kitab Sunannya hadis no: 1378).

Oleh karena itu, dari hadits ini ada beberapa amalan yang dapat dilakukan pada malam tersebut untuk mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Seperti dikutip dari umsu berikut ini amalan yang bisa dillakukan:

  1. Memperbanyak Shalat Sunnah

Shalat merupakan kunci utama dalam mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Pada malam Nisfu Sya’ban, disarankan untuk memperbanyak shalat sunnah. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh al-Hafidz Ibnu Hajar, Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Shalat adalah sebaik-baik syariat, siapa yang ingin memperbanyak maka perbanyaklah, dan siapa yang ingin melakukan sedikit maka lakukanlah.”

  1. Melakukan Shalat Sunnah Tasbih

Shalat Sunnah Tasbih adalah amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nisfu Sya’ban. Shalat ini terdiri dari empat rakaat, di mana setiap rakaatnya dilakukan dengan membaca tasbih sebanyak 75 kali. Dengan melakukan shalat ini, diharapkan kita mendapatkan pengampunan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

  1. Shalat Sunnah Awwabin

Shalat Sunnah Awwabin merupakan shalat yang terdiri dari enam rakaat, yang dilakukan setelah shalat Maghrib dan sebelum Isya’. Pada tiap rakaatnya, bacalah surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas sebanyak enam kali. Dengan melaksanakan shalat ini, diharapkan kita mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

  1. Membaca Surat Yasin

Membaca Surat Yasin pada malam Nisfu Sya’ban juga sangat dianjurkan. Surat ini dibaca sebanyak tiga kali, dengan niat yang berbeda pada setiap pembacaannya. Dengan membaca Surat Yasin, diharapkan kita mendapatkan panjang umur, perlindungan dari segala musibah, dan kekayaan hati yang langsung dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

  1. Membaca Tasbih Nabi Yunus

Dzikir “لا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ” yang diajarkan oleh Nabi Yunus AS juga dianjurkan untuk dibaca pada malam Nisfu Sya’ban. Dengan membaca dzikir ini sebanyak yang dianjurkan, diharapkan kita mendapatkan perlindungan dari segala bencana dan keselamatan di dunia dan akhirat.

  1. Membaca Ayatul Hirsh

Membaca Ayatul Hirsh (Surat at-Taubah Ayat 128-129) sebanyak 500 kali juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nisfu Sya’ban. Dengan melaksanakan amalan ini, diharapkan kita terhindar dari pertanyaan malaikat di alam kubur.

  1. Memperbanyak Doa dan Shalawat Nabi

Selain melakukan amalan-amalan di atas, sangat dianjurkan pula untuk memperbanyak doa dan shalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam. Berdoalah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. dengan sungguh-sungguh, memohon ampunan, kesehatan, perlindungan, dan keberkahan dalam hidup.

  1. Berpuasa pada Siang Hari

Selain melakukan amalan-amalan di malamnya, sangat dianjurkan juga untuk berpuasa pada siang hari malam Nisfu Sya’ban. Dengan berpuasa, diharapkan kita mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dengan menjalankan amalan-amalan di atas dengan ikhlas dan penuh keimanan, semoga kita mendapatkan keberkahan, ampunan, dan rahmat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.pada malam Nisfu Sya’ban. Aamiin.[ ]

5

Redaksi: admin

900