Periode Golden Age dalam Tumbuh Kembang Anak, Yuk Bunda Pahami 4 Hal Ini

0
83
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – – Golden age merupakan periode ketika anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Di masa ini anak memerlukan banyak stimulasi agar pertumbuhan dan perkembangnya bisa optimal. Lalu, hal apa saja yang perlu diketahui dan dilakukan orang dimasa golden age ini? Seperti dikutip dari halodoc.com berikut ini yang perlu Ayah Bunda maksimalkan:

Penjelasan Periode Golden Age dalam Tumbuh Kembang Anak

Orang tua perlu memastikan anak berada dalam proses tumbuh kembang yang baik. Bukan hanya setelah anak dilahirkan, proses mengoptimalkan tumbuh kembang anak juga perlu dilakukan orang tua sejak anak berada dalam kandungan.

Selain itu, tumbuh kembang anak juga perlu dioptimalkan saat anak memasuki usia golden age. Usia ini menjadi tahapan dalam perkembangan yang sangat penting karena anak akan bertumbuh dengan pesat. Lalu, usia berapa yang dimaksud dengan golden age? Yuk, simak penjelasan mengenai golden age berikut ini!

Mengenal Golden Age, Usia Emas untuk Pertumbuhan Anak

Bunda perlu memastikan asupan makanan yang dikonsumsi selama menjalani masa kehamilan. Menyadari kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan, membuat bayi akan dilahirkan dalam kondisi sehat.

Selain itu, hal tersebut juga bisa mendukung tumbuh kembang anak setelah anak dilahirkan. Apalagi saat anak memasuki usia golden age, pendampingan orang tua perlu dilakukan agar perkembangan dan pertumbuhan anak semakin optimal.

Golden age adalah usia ketika anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat maksimal. Bukan hanya dari segi fisik, melainkan dari kemampuan kognitif hingga kesehatan mental. Dengan pendampingan yang tepat dari orang tua, tentunya anak bisa bertumbuh dengan perilaku dan kepribadian yang baik.

Masa usia emas biasanya diartikan dari usia  0-5 tahun. Pertumbuhan dan perkembangan pada masa ini bisa memengaruhi kondisi tahap perkembangan selanjutnya pada kehidupan anak.

Langkah Mendukung Tumbuh Kembang Anak pada Masa Golden Age

Lalu, apa saja yang perlu dilakukan orang tua untuk memastikan golden age anak bisa dilalui dengan baik? Berikut hal-hal yang bisa dilakukan orang tua:

  1. Memberikan Stimulasi Terhadap Motorik Halus Dan Kasar

Pada masa usia emas, orang tua perlu memberikan stimulasi pada anak untuk merangsang motorik halus dan kasar. Motorik halus berkaitan dengan gerakan-gerakan pada tangan, jari, kaki, mulut, hingga lidah. Sedangkan motorik kasar berkaitan dengan menggerakan kepala, merangkak, melompat, hingga berjalan.

Ibu bisa menyiapkan berbagai mainan yang sesuai dengan usia anak untuk merangsang kedua motorik. Lakukan secara rutin agar perkembangannya bisa berjalan dengan optimal.

  1. Melatih Kemampuan Kognitif Anak

Selain kemampuan motorik, masa golden age juga penting untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Kemampuan ini berkaitan dengan cara anak dalam memperoleh pengetahuan.

Ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan tentunya disesuaikan dengan usia anak. Contohnya seperti bermain di luar ruangan, mengenalkan buku bacaan pada anak, memberikan mainan edukasi, hingga mengenalkan anak dengan musik yang sesuai usianya.

  1. Memastikan Asupan Nutrisi Dan Gizi

Hal yang tidak kalah penting dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak pada usia emas adalah pemberian asupan nutrisi yang tepat. Bayi yang berusia 0-6 bulan perlu diberikan ASI eksklusif agar kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi dengan baik.

Memasuki usia 6 bulan, bayi memerlukan tambahan makanan pendamping ASI (MPASI) agar kebutuhan gizinya terpenuhi dengan baik. Pastikan ibu mulai memberikan makanan yang bernutrisi agar tumbuh kembang anak semakin optimal.

Ada beberapa makanan yang baik untuk mendukung tumbuh kembang, seperti pisang, alpukat, daging, ikan, brokoli, ubi, hingga yoghurt.

 

  1. Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Anak

Jangan lupa untuk memberikan anak vaksinasi yang dibutuhkan agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, yang dapat memengaruhi proses tumbuh kembang pada masa emasnya.

Ibu juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan anak secara rutin untuk memastikan anak dalam kondisi sehat. Dengan pemeriksaan rutin, ibu bisa mencegah berbagai penyakit beserta komplikasinya dengan lebih dini. Hal ini membuat pengobatan dan penanganan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Itulah berbagai hal yang bisa dilakukan orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak di usia emas. Pastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari makanan atau tambahan vitamin. [ ]

5

Redaksi: admin

906