Makanan dan Minuman yang Bisa Merusak Ginjal di Usia Anak Muda, Yuk! Batasi 6 Konsumsi Ini

0
73
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – – Ginjal merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia. Karenanya, kesehatan ginjal harus senantiasa dijaga, salah satunya dengan menghindari konsumsi makanan yang bisa merusak ginjal.

Faktanya, ada banyak makanan yang dapat mengganggu kesehatan ginjal, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan, beberapa mungkin sering menjadi santapan sehari-hari.

Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka seiring waktu ginjal akan mengalami penurunan fungsi. Tak hanya itu, risiko penyakit seperti batu ginjal hingga gagal ginjal kronis.

Makanan yang Bisa Merusak Ginjal

Makanan yang merusak ginjal umumnya mengandung zat-zat yang dapat membahayakan organ tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan. Tak hanya makanan, zat-zat itu juga bisa berasal dari minuman tertentu.

Dikutip dari detik.com, berikut sejumlah makanan yang merusak ginjal yang harus dibatasi konsumsinya.

  1. Makanan Tinggi Garam

Makanan yang mengandung garam atau sodium harus dibatasi karena bisa merusak ginjal. Dikutip dari situs Action on Salt, asupan garam yang tinggi dapat merusak keseimbangan sodium dan kalium (potasium) dalam tubuh. Kedua zat tersebut dibutuhkan ginjal untuk mengumpulkan cairan dari dinding pembuluh darah.

Tapi jika kadar sodium terlalu tinggi, fungsi tersebut akan menurun sehingga ginjal tidak lagi bisa menarik cairan dari dalam pembuluh darah secara efektif. Hal ini dapat memicu tekanan darah tinggi dan bisa berujung pada penyakit ginjal.

Selain itu, mengonsumsi garam secara berlebihan dapat meningkatkan jumlah protein dalam urine, yang mana merupakan faktor risiko yang dapat menurunkan fungsi ginjal. Beberapa makanan yang tinggi garam antara lain pizza, makanan beku, camilan ringan, dressing salad, acar, dan sayur kalengan.

  1. Makanan Manis

Selain garam, makanan manis yang mengandung gula juga bisa merusak ginjal. Dikutip dari laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), asupan gula yang berlebihan dapat merusak dinding pembuluh darah di ginjal dan nefron, yakni bagian ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah dan menghasilkan urine. Akibatnya, fungsi ginjal perlahan akan menurun serta rentan terkena penyakit ginjal.

Terlalu sering mengonsumsi makanan manis juga dapat memicu risiko diabetes. Pasien diabetes juga cenderung mengalami tekanan darah tinggi, yang mana dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit ginjal. Beberapa makanan mengandung gula yang kerap dikonsumsi sehari-hari di antaranya roti, kue kering, dan sambal dalam kemasan.

  1. Olahan Daging

Olahan daging seperti sosis, nugget, dan hamburger cenderung mengandung garam dan fosfor yang tinggi. Dikutip dari situs America’s Best Care Plus, sering mengonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan risiko kanker ginjal.

Olahan daging juga harus dihindari oleh pengidap penyakit ginjal. Pasalnya, ginjal yang bermasalah tidak bisa membuang fosfor dari dalam tubuh secara efektif. Kelebihan fosfor tersebut dapat menarik kalsium dari dalam tulang sehingga membuatnya menjadi lemah.

  1. Minuman Bersoda

Fosfor juga bisa ditemukan di minuman bersoda, terutama pada minuman bersoda yang berwarna gelap. Dikutip dari Healthline, banyak produsen minuman bersoda menambahkan fosfor ke produknya sebagai pengawet sekaligus penambah rasa.

Tak hanya itu, minuman bersoda juga kerap mengandung sodium dan zat pemanis yang juga bisa merusak ginjal. Karenanya, konsumsi minuman bersoda sebaiknya dihindari atau dibatasi, khususnya oleh pengidap penyakit ginjal.

  1. Produk Susu

Susu dan produk turunannya, seperti keju, mentega, dan yogurt, memang merupakan makanan yang penuh nutrisi dan vitamin. Namun, terlalu sering mengonsumsi makanan-makanan tersebut ternyata bisa merusak ginjal loh.

Pasalnya, produk susu mengandung protein hewani yang sangat sulit untuk diproses oleh ginjal. Tak hanya itu, produk susu juga kerap mengandung fosfor dan kalium yang bisa membahayakan ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

  1. Kafein

Kafein dalam jumlah yang terkendali memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi jika terlalu sering dikonsumsi, kafein malah bisa memicu gangguan kesehatan, termasuk pada ginjal.

Sebuah studi menunjukkan mengonsumsi 3-4 cangkir kopi setiap hari dapat meningkatkan risiko penyakit dan penurunan fungsi ginjal. Selain kopi, kafein juga bisa ditemukan pada minuman teh, soda, dan coklat. [ ]

5

Redaksi: admin

908