Perilaku Ayah yang Akan Ditiru Anak Laki-Laki Sejak Dini, Yuk Ayah Perhatikan 7 Hal Ini

0
146
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – – Setiap perilaku yang ditunjukkan oleh orang tua tentu akan menjadi contoh dan ditiru oleh anak. Lantas, apa saja perilaku Ayah yang akan ditiru anak laki-laki sejak dini?

Banyak orang tua yang bertanya-tanya bagaimana cara menjadi Ayah yang baik. Penelitian menyatakan bahwa keterlibatan Ayah dalam pengasuhan dapat memengaruhi tumbuh kembang anak secara keseluruhan, baik pada anak perempuan maupun anak laki-laki.

Seorang Ayah yang lebih terlibat dalam aktivitas sehari-hari anak akan membantu membawa perubahan dalam hidupnya. Terlebih jika Ayah menunjukkan perilaku-perilaku positif yang dapat anak tiru sejak usia dini.

Anak laki-laki mungkin akan lebih menjadikan Ayah sebagai contoh daripada Bunda. Karena itu, pastikan Ayah tidak menunjukkan sikap-sikap menyimpang di depan mereka.

Perilaku Ayah Yang Akan Ditiru Anak Laki-Laki

Dilansir dari laman Mom Junction, dan dikutip dari haibunda.com ada beberapa perilaku Ayah yang mungkin ditiru oleh anak laki-laki sejak usia dini. Kalau penasaran, berikut ini deretannya:

  1. Protektif

Ayah yang baik akan melindungi anak-anaknya dengan menetapkan batasan yang jelas, berbicara tentang hal yang harus diwaspadai, serta menempatkan segala sesuatu pada tempatnya.

Sifat ini memungkinkan Ayah untuk mengajari anak-anak tentang konsekuensi dari membuat pilihan yang salah. Anak akan belajar serta menanamkan karakter ini dalam hidupnya.

  1. Memberikan Kasih Sayang

Pernah melihat anak laki-laki yang jauh lebih manis kepada Bunda? Sifat ini bisa jadi mereka tiru setelah melihat kasih sayang yang ditunjukkan oleh sang Ayah.

Ayah yang baik penuh kasih sayang pada anak-anaknya. Meskipun ia tidak memeluk dan mencium Si Kecil, kasih sayangnya tidak kalah dengan kasih sayang seorang Bunda.

  1. Berkata Jujur

Anak-anak percaya bahwa Ayah mereka selalu benar. Anak akan menganggap bahwa Ayah tidak pernah berbohong kepada mereka, tidak akan mengkhianatinya, serta tidak akan meninggalkan mereka begitu saja.

Kepercayaan yang dibangun Ayah dalam diri seorang anak membuat mereka juga meniru karakter ini. Anak tahu mereka harus selalu berkata jujur dan selalu ada untuk keluarganya.

  1. Rasa Tanggung Jawab

Selalu mendengarkan adalah bagian penting untuk menjadi Ayah yang baik. Ayah yang bertanggung jawab akan memberikan perhatian penuh kepada anak-anaknya dan mencoba memahami berbagai hal dari sudut pandang mereka. Dari sifat ini, anak akan belajar dan meniru bagaimana cara bertanggung jawab pada berbagai hal.

  1. Rasa Hormat

Ketika Ayah memberikan rasa hormat kepada Bunda dan Si Kecil, anak juga akan melakukan hal yang sama. Ayah yang baik akan memperlihatkan bagaimana cara mereka menghormati perempuan.

Rasa hormat ini dapat diberikan dengan cara menghargai cara pandangnya atau tidak berdebat di depan orang banyak. Perilaku ini mengirimkan pesan tepat kepada anak bahwa orang tua mereka saling menghormati sehingga mereka juga harus melakukan hal yang sama.

 

  1. Menyalurkan Emosi

Seorang Ayah akan memberikan pelajaran hidup di luar pelajaran akademis. Mereka akan menunjukkan bagaimana anak-anak dapat menyalurkan emosi ketika menghadapi kegagalan atau kekecewaan. Ketika melihat perilaku ini, anak juga akan belajar bahwa energi turut bisa digunakan untuk sebuah kebaikan.

  1. Bisa Mengatur Waktu

Ayah yang baik adalah Ayah yang bisa mengatur waktu untuk berbagai kegiatan dengan tepat. Misalnya saja untuk bekerja maupun bermain dengan anak-anaknya.

Hal ini dapat menjadi contoh dan ditiru oleh anak meski masih usia dini, Bunda. Mereka akan menyediakan waktu untuk bermain serta belajar. Semoga informasinya bermanfaat ya, Bunda.[ ]

5

Redaksi: admin

984