Manfaat dan Keutaman Berdzikir Setiap Hari, Yuk Sampaikan 4 Hal Ini Pada Anak

0
171
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – -Dzikir sangat penting dalam kehidupan ini. Dengan berdzikir, manusia akan selalu merasa diawasi dalam gerak langkahnya, selalu diingatkan bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala. adalah Sang Pengatur dan Pemilik segalanya, dan dari-Nya segala hasil dari aktivitas manusia akan diperolehnya.

Lalu, mengapa kita harus berdzikir setiap hari? Apa saja manfaatnya? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini alasan dan keutamaan berdzikir yang bisa disampaikan serta dijelaskan kepada anak-anak sehingga mereka dengan senang hati menjadikan dzikir sebagai amalan harian.

  1. Mendatangkan Ketenangan

Manusia selalu menginginkan ketenangan dan kebahagian dalam hidupnya, tidak mengharapkan segala masalah yang akan mendatangkan kecemasan dan kegelisahan. Untuk itu, dzikir dapat berguna untuk menentramkan hati. Allah Subhanahu Wa Ta’ala. berfirman:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

 

“Orang-orang yang beriman, hati mereka tenang dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Ar-Ra’d: 28)

  1. Mendapatkan Ampunan Dari Allah

Allah berfirman di dalam Alquran bahwa orang yang selalu mengingat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. akan mendapatkan maghfirah (ampunan) dan pahala yang besar.

وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

“Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS.Al-Ahzab: 35)

  1. Merupakan Pekerjaan Mulia

Setiap pekerjaan yang baik pasti mulia, namun lebih mulia lagi jika pekerjaan yang baik itu selalu diiringi dengan keikhlasan dan hanya untuk menggapai mardhatillah.

وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

 

“Dan sesungguhnya mengingat Allah adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut : 45)

  1. Allah Selalu Mengingat Orang Yang Berzikir

Manusia diperintahkan berdzikir kepada Allah bukan berarti Allah sangat membutuh makhluk-Nya untuk mengingat-Nya. Berzikir atau tidak, tidak akan mengurangi keagungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Namun, di dalam berzikir ada hubungan timbal-balik antara makhluk dengan Sang Pencipta. Allah Subhanahu Wa Ta’ala. menyebutkannya di dalam Al Qur’an bahwa Allah akan selalu mengingat hamba-Nya jika seorang hamba itu mengingat-Nya.

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

“Ingatlah Aku, niscaya Aku akan ingat (pula) kepadamu, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah: 152)

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu’anhu menerangkan, “Barang siapa ingin mengetahui apakah dirinya mencintai Allah atau tidak, lihatlah bagaimana sikap dirinya terhadap Al Quran. Jika ia mencintai Alquran, sesungguhnya ia mencintai Allah. Sebab Al Quran adalah perkataan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.”

Menurut para ulama, salah satu dzikir terbesar adalah dengan membaca Al Quran, karena didalamnya banyak firman dan senantiasa ingat akan banyak hal kepada Allah Ta’ala. Untuk itu jadikan membaca atau tilawah Al Quran setiap hari dengan melibatkan anak-anak. [ ]

5

Redaksi: admin

947