Tanaman Pengusir Nyamuk, Yuk Bunda Manfaatkan Bersama Anak

0
109
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – – Di musim hujan seperti saat ini, penyakit demam berdarah kerap menyerang, terutama pada anak-anak. Ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa bantu mengusir nyamuk karena aromanya, Bunda. Menilik dari laman The Spruce, berikut ini deretan tanaman pengusir nyamuk yang relatif efektif:

1.Daun Mint

Aroma menyengat yang dikeluarkan oleh daun mint ini bekerja untuk membasmi serangga. Semakin menyengat aromanya, semakin sedikit serangga yang Bunda temukan di sekitar rumah Bunda.

 

2.Rosemary

Biasa digunakan sebagai bahan makanan, tanaman rosemary ternyata juga ampuh mengusir nyamuk yang berkeliaran di rumah Bunda, lho.

Bunda, orang-orang menggunakan tanaman yang satu ini sebagai pengendalian hama alami selama bertahun-tahun karena serangga sangat membenci aromanya.

Asap yang mengandung rosemary, sangat efektif untuk mengusir nyamuk di luar rumah, dan juga berfungsi menghindari nyamuk dari kulit Bunda.

3.Kemangi

Jika Bunda mencari tanaman yang dapat mengusir nyamuk, mungkin tanaman yang satu ini bisa Bunda masukkan ke daftar pilihan Bunda. Kemangi termasuk tanaman yang mudah ditanam dirawat. Dari banyak jenis daun kemangi, yang disebut paling efektif membasmi nyamuk dan serangga lainnya adalah lemon basil dan cinnamon.

4.Lantana

Bunga lantana (Lantana camara) memiliki efek yang cukup kuat terhadap nyamuk. Menurut The Journal of American Mosquito Control Association, bunga lantana dalam minyak kelapa menyediakan 94,5 persen perlindungan dari nyamuk Aedes albopictus dan Aedes Aegypti.

Tidak hanya itu, Bunda, penelitian ini juga telah menemukan bahwa minyak ini melindungi pengguna dari nyamuk rata-rata selama dua jam.

5.Marigold

Tanaman hias dengan bunga yang cantik ini memiliki khasiat yang dipercaya dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit, mulai dari demam hingga kanker.

Selain dapat membantu mencegah penyakit, tanaman ini memiliki bau unik menyengat yang membuatnya dipercaya ampuh sebagai tanaman pengusir nyamuk.

6.Lavender

Aroma harum dari minyak esensial yang terkandung di dalam tanaman ini memang dikenal ampuh dalam mengusir nyamuk. Tak hanya ditanam, aroma lavender juga banyak digunakan sebagai aroma obat anti-nyamuk.

Jika ingin menggunakannya pada kulit, Bunda hanya perlu mencincang halus tanaman lavender dan mencampurkannya dengan minyak almond manis. Kemudian, Bunda bisa menggosokkannya pada bagian kulit tubuh Bunda agar terhindar dari gigitan nyamuk. [ ]

5

Redaksi: admin

984