Jika Bunda Harus Menyusui Saat Hamil, Ini 4 Hal Yang Perlu Diakukan Sesuai Anjuran Medis

0
191
ilustrasi foto: pixabay

PARENTINGISLAM.ID – – Bunda baru saja melahirkan si kecil dan sedang dalam proses menyusui. Namun, secara tiba – tiba Bunda mendapati kondisi bahwa Bunda hamil kembali. Pastinya Bunda bingung bagaimana cara menghadapinya.

Di lain sisi Bunda ingin memberikan ASI ekslusif yang berkualitas. Tetapi, di sisi lain, Bunda juga sedang hamil. Seperti dikutip dari merries.co.id , berikut ini tips yang harus dilakukan saat Bunda harus menyusui si kecil saat hamil.

 

1.Memperhatikan Asupan Gizi

Menyusui saat hamil pastinya memerlukan perlakuan berbeda. Bunda harus bisa memenuhi asupan gizi dan nutrisi untuk calon jabang bayi, si kecil yang baru saja dilahirkan, dan asupan Bunda sendiri.

Hal ini berarti Bunda harus meningkatkan jumlah asupan gizi dan nutrisi tiga kali lipat lebih banyak daripada biasanya agar bisa memenuhi kebutuhan ketiganya. Sebaiknya Bunda mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi tinggi dengan kandungan serat tinggi pula.

Hal ini bertujuan untuk menjaga asupan gizi jabang bayi dan kesehatan Bunda. Selain itu, sangat penting untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI. Terkadang saat hamil, produksi ASI terus menurun sehingga Bunda tak bisa memberikan ASI ekslusif pada si kecil.

2.Makanlah Makanan Tinggi Protein dan Serat

Cara ini masih ada kaitannya dengan tips diatas. Sebagai Bunda bijak, hendaknya memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Karena Bunda hamil dan menyusui, sebaiknya Bunda mengkonsumsi makanan berserat tinggi dan berprotein agar memperlancar proses metabolisme tubuh. Selain itu, serat dan protein berguna untuk memperlancar produksi ASI. Makanan ini juga membuat Bunda lebih sehat dan bugar.

3.Mengkonsumsi Lebih Banyak Air Putih

Hamil dan menyusui secara bersamaan adalah situasi ganda yang menyulitkan. Bunda harus kuat dan sehat agar pemenuhan asupan gizi untuk janin dan si kecil terpenuhi dengan sempurna. Sebaiknya hindarilah kondisi dehidrasi saat menyusui dan hamil karena bisa memperburuk kualitas ASI dan asupan gizi untuk si janin.

Untuk mencegah dehidrasi, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih. Bila biasanya hanya mengkonsumsi 8 gelas air putih sehari, sebaiknya Bunda meningkatkan jumlahnya misalnya menjadi 10 atau 12 gelas per hari.

4.Lebih Sering Pergi Ke Dokter Kandungan

Karena Moms hamil dan sekaligus menyusui, kesehatan janin dan Bunda sendiri harus terpantau. Agar kesehatan janin dan Bunda terjaga, sebaiknya Bunda lebih sering mengecek kesehatan ke dokter kandungan. Bila biasanya pergi ke dokter kandungan sebulan sekali, saat ini Bunda bisa meningkatkan pertemuan misalnya dua hingga empat kali dalam sebulan. [ ]

5

Redaksi: admin

908