Makanan Ini Bantu Merangsang Kecerdasan Otak Anak, Ini Bunda 7 Sumbernya

0
297
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM – – Beberapa jenis makanan tertentu dipercaya dapat membantu merangsang kecerdasan otak anak. Namun, perlu diingat juga bahwa selain asupan nutrisi, stimulasi yang tepat pun perlu diterapkan.

Pertumbuhan otak terjadi secara cepat selama tahun-tahun pertama kehidupan anak. Dikutip dari Healthline, otak anak bahkan mencapai 80 persen dari ukuran dewasanya pada saat mereka mencapai usia 2 tahun.

Otak anak juga akan terus berkembang hingga masa remaja, terutama di korteks prefrontal. Ini adalah area otak yang terkait dengan perencanaan, memori, pengambilan keputusan, dan fungsi penting lainnya.

Daftar Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak

Sebisa mungkin, siapkan menu makanan dengan kandungan nutrisi lengkap setiap hari, Bunda. Beberapa jenis makanan tertentu dipercaya dapat merangsang kecerdasan otak anak seperti dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Sayuran Hijau

Meski seringnya anak-anak kurang suka sayuran, tetapi studi menunjukkan bahwa konsumsi sayuran sangat penting untuk kesehatan otak anak. Beberapa jenis sayuran hijau yang bisa Bunda pilih misalnya seperti bayam, kangkung, dan selada.

Sayuran-sayuran ini juga mengandung senyawa penting, termasuk folat, flavonoid, karotenoid, serta vitamin E dan K1. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki asupan folat yang cukup memiliki skor kognitif yang lebih baik daripada anak-anak dengan asupan folat yang tidak memadai.

  1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan bergizi lengkap yang bisa Bunda berikan untuk merangsang kesehatan otak anak. Telur mengandung nutrisi penting seperti kolin, vitamin B12, protein, dan selenium.Kolin sendiri merupakan nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan otak.

 

  1. Ikan

Seafood seperti ikan merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat penting untuk fungsi otak, termasuk asam lemak omega-3, yodium, dan seng. Tubuh membutuhkan seng untuk produksi dan perkembangan sel saraf, sedangkan asam lemak omega-3 diperlukan untuk fungsi otak yang optimal.

Selain ikan, beberapa jenis seafood lain seperti udang dan cumi juga memiliki kandungan nutrisi serta manfaat yang tidak jauh berbeda.

  1. Yoghurt

Dikutip dari Medical News Today, yoghurt juga dapat menjadi pilihan camilan yang baik untuk merangsang kecerdasan dan fungsi otak anak. Produk olahan susu ini merupakan sumber yodium, yang dibutuhkan tubuh untuk perkembangan otak dan fungsi kognitif.

Yoghurt juga memiliki banyak nutrisi lain yang penting untuk perkembangan otak anak, termasuk protein, seng, B12, dan selenium.

  1. Kacang-Kacangan Dan Biji-Bijian

Jangan lupakan pentingnya nutrisi dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, lho. Keduanya juga mengandung banyak nutrisi dalam konsentrasi tinggi yang terkait dengan peningkatan fungsi kognitif, termasuk seperti vitamin E, seng, folat, zat besi, dan protein.

Penelitian menunjukkan bahwa makan kacang dapat membantu meningkatkan kualitas pola makan anak-anak dan meningkatkan asupan nutrisi penting, seperti lemak sehat, protein, dan serat.

  1. Oatmeal

Bingung memilih menu sarapan yang bermanfaat bagi kecerdasan Si Kecil? Bunda bisa memberikan oatmeal. Ya, oatmeal juga menjadi salah satu jenis makanan perangsang kecerdasan otak anak.

Menurut konsultan gizi Sarah Krieger, MPH, RD, oatmeal memberikan energi yang sangat baik untuk otak anak terutama di pagi hari. Demikian dilansir Medical News Today.

  1. Buah Berry

Buah-buahan berry diketahui kaya akan senyawa bermanfaat yang disebut antosianin. Para peneliti telah menemukan antosianin memiliki potensi untuk perkembangan kesehatan otak anak.

Termasuk salah satunya membantu meningkatkan aliran darah ke otak, memberikan efek anti-inflamasi, dan meningkatkan produksi sel saraf baru. Manfaat ini memiliki efek positif dalam proses pembelajaran dan memori otak.

Hasil sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa asupan buah berry berpengaruh positif terhadap fungsi kognitif anak.

Demikian ulasan tentang jenis-jenis makanan untuk merangsang kecerdasan otak anak. Selain memberikan nutrisi yang tepat, jangan lupa berikan juga stimulasi yang tepat sesuai dengan tahap usia anak ya, Bunda. [ ]

5

Redaksi: admin

940