5 Alasan Sudah Saatnya Bunda Merencanakan Kehamilan Kedua

0
56
ilustrasi foto: freepik/odoa

PARENTINGISLAM.ID – – Mempunyai anak bukanlah sesuatu yang mudah, tumbuh dan berkembang bersama Si Kecil adalah perjalanan panjang bagi Bunda dan Ayah. Sebelum memulai perjalanan tersebut banyak hal yang harus dipikirkan, mulai dari kesehatan, tumbuh kembang, sampai biaya pendidikan Si Kecil nantinya.

Meski banyak hal yang harus dipikirkan, banyak kok pasangan yang tetap semangat untuk menambah momongan. Semangat tersebut tentunya patut diacungi jempol karena kita semua tahu membesarkan Si Kecil adalah hal yang penuh tantangan.

Merencanakan Kehamilan Kedua

Namun, penting untuk Ayah dan Bunda ingat semangat tersebut harus tetap diimbangi dengan perencanaan yang matang, khususnya bagi yang tengah merencanakan kehamilan kedua.

Jika Bunda belum yakin untuk menambah momongan, seperti dikutip dari haibunda.com , berikut 5 alasan mengapa perlu merencanakan kehamilan kedua:

 

  1. Si Kakak Sudah Siap Miliki Adik

Jika Bunda belum merencanakan kehamilan kedua,  setelah membaca tulisan ini mungkin Bunda bisa segera membuat rencana bersama Ayah. Melansir dari Timesofindia alasan utama untuk merencanakan kehamilan kedua adalah karena anak-anak bisa menjadi teman dan saling menjaga satu sama lain.

Jika Bunda khawatir bagaimana Si Kecil akan menjalani kehidupan setelah Ayah dan Bunda tiada atau saat Ayah dan Bunda tak berada didekatnya, memiliki lebih dari satu anak adalah solusinya. Memiliki Kakak atau pun Adik tentunya akan membuat anak merasa lebih aman meski Ayah dan Bunda tak ada di sekitar mereka. Kehadiran Kakak atau Adik tak hanya dapat dijadikan sebagai teman bermain, tetapi juga bisa menjadi penjaga dan pendukung setia.

  1. Sudah Miliki Pengalaman

Tak ada yang bisa menjamin kehamilan kedua akan menjadi lebih mudah dari kehamilan pertama. Namun, sesulit apa pun kehamilan kedua setidaknya baik Ayah dan Bunda sudah memiliki pengalaman dan ilmu yang cukup dari kehamilan sebelumnya.

Misalnya, jika di kehamilan kedua Bunda mengalami kontraksi palsu biasanya Bunda akan bersikap lebih tenang karena sudah tau bagaimana membedakan kontraksi palsu dan asli dari kehamilan sebelumnya. Ayah pun turut merasakan hal yang sama, Ayah akan menjadi lebih tenang dalam menghadapi berbagai situasi selama kehamilan.

  1. Si Kakak Bisa Belajar Mengasuh Adik

Jika kehamilan kedua direncanakan dengan jarak yang cukup jauh dari kehamilan pertama, Bunda bisa mendapatkan batuan dari Si Kakak untuk mengurus Si Kecil yang baru lahir. Biasanya Kakak dengan senang hati membantu untuk mengurus adik karena baginya itu adalah hal yang baru. Selain itu, kelak ketika tumbuh dewasa kakak bisa membantu adik melakukan banyak hal dan menjadi pendengar yang baik jika Ayah dan Bunda tak bisa melakukannya.

Selain beberapa alasan di atas masih ada alasan lain mengapa Bunda perlu merencanakan kehamilan kedua.

  1. Miliki Saudara Akan Buat Anak Lebih Percaya Diri

Memiliki kakak atau adik secara tak langsung membantu anak untuk tumbuh dan berkembang. Salah satunya adalah membuat anak menjadi lebih berani melakukan segala sesuatu.

Misalnya, adik akan lebih berani belajar sepeda roda dua karena kakak telah lebih dahulu bisa melakukannya. Ketika dewasa hal ini pun bisa terus berjalan, baik kakak dan adik boleh jadi akan semangat belajar dan berprestasi karena melihat pencapaian satu sama lain.

Tentunya Ayah dan Bunda harus tetap memberi pengertian ya, agar kakak dan adik tak melihat satu sama lain sebagai saingan.

  1. Miliki Saudara Membuat Anak Lebih Mampu Memecahkan Masalah

Memiliki 2 anak tentunya akan membuat hari-hari Ayah dan Bunda menjadi lebih ramai. Tak jarang keramaian dipicu karena perselisihan antara anak-anak, memperebutkan mainan atau makanan biasanya jadi hal yang lumrah terjadi.

Namun, ternyata hal seperti ini memiliki manfaat bagi anak-anak, yaitu membuat anak-anak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Berbeda halnya jika hanya memiliki satu anak, biasanya anak akan cenderung memiliki kesulitan untuk memecahkan masalah karena kurang terasah sejak kecil.

Sebelum merencanakan kehamilan kedua Bunda juga perlu mengetahui beberapa perbedaan umum antara kehamilan pertama dan kedua

Perbedaan Kehamilan Pertama & Kedua

Kehamilan kedua dapat terasa berbeda dari yang pertama. Dilansir dari Tommys beberapa perbedaan yang mungkin Bunda rasakan adalah:

  • Perut tampak lebih besar dan lebih kencang.

  • Pergerakan bayi akan lebih terasa.

  • Jika tidak merasakan mual di kehamilan pertama, Bunda bisa jadi merasakannya di kehamilan kedua.

  • Lebih banyak kontraksi palsu.

  • Mudah lelah.

  • Persalinan lebih singkat

“Bayi kedua saya lahir di dalam air, dibandingkan dengan kelahiran bantuan pada anak pertama. Ini tidak memakan waktu lama sama sekali dan terasa lebih mudah,” kata Mari seorang Ibu dari Inggris, dikutip dari Tommys. [ ]

5

Redaksi: admin

960