Makna Doa Rabbana Hablana Min Azwajina Dalam Mendidik Anak

0
271
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – – Doa merupakan bagian dari ibadah yang kita lakukan setiap hari sebagai bentuk kelemahan diri dan tiada kekuatan serta kuasa selain dari Allah Ta’ala, termasuk berdoa dalam mendidik dan membersamai anak.

Salah satu doa yang sering orang tua panjatkan adalah seperti yang cantum dalam Al Quran surat Al Furqon ayat 74.

“Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa.”

Menurut Kumparan, doa untuk anak ini disarankan oleh Nurkholis, SE., MM dalam bukunya yang berjudul “Amalan-Amalan Dahsyat Persiapan Hari Tua”.

Doa ini sebetulnya ada dalam Al-Qur’an, tepatnya dalam surat Al-Furqon ayat 74. Secara keseluruhan, ayatnya berbunyi seperti ini:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya:

“Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa.”

Berdasarkan penjelasan tafsiralquran.id, bersumber dari Tafsir Al-Qur’an al-‘Adhim, Ibnu Katsir menjelaskan bahwa ayat ini dibaca untuk meminta keluarga yang sakinah, yang bukan hanya baik, tetapi juga bertakwa kepada Allah Ta’ala.

Pada zaman jahiliah dahulu, banyak ayah dan anak yang berbeda agamanya. Misalnya, sang ayah sudah memeluk Islam, namun anaknya masih belum.

Doa ini kemudian dibaca oleh para ayah untuk meminta agar Allah Subhanahu wa ta’ala. memberikan hidayah kepada anaknya, berikut juga istrinya agar dapat menemukan jalan yang benar, yaitu Islam.

Hingga hari ini, tentu doa tersebut dapat digunakan oleh orang tua di zaman modern agar anak senantiasa berada di jalan yang lurus. [ ]

5

Redaksi: admin

984

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini