5 Film Animasi yang Tampilkan Karakter LGBT, Ayah Bunda Wajib Jaga Anak-anak

0
241
Salah satu adegan dalam film Lightyear. Lightyear merupakan salah satu film animasi yang dianggap memiliki karakter LGBT. (Foto: Disney/Pixar)

PARENTINGISLAM.ID – – Saat memilih film animasi yang akan ditonton bersama anak, orang tua sebaiknya hati-hati. Selain konten dewasa yang mungkin terselip, ada pula konten-konten yang menyertakan lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

Berikut ini deretan film animasi yang menampilkan LGBT, bahkan beberapa di antaranya termasuk dalam film populer dan terlaris:

  1. Zootopia

Zootopia – (pixar)

Dilansir laman CBR, Jumat (2/6/2033), Zootopia yang dirilis pada 2016 menyertakan pasangan gay. Film ini mendapatkan banyak pujian dan pengakuan sebagai hit sukses seperti film Frozen produksi Disney pada 2013.

Film ini dibintangi oleh duo dinamis Ginnifer Goodwin sebagai polisi kelinci bernama Judy Hopps, dan Jason Bateman sebagai penipu amatir bernama Nick Wilde. Petualangan komedi beresonansi dengan anak-anak dan orang dewasa karena unsur-unsurnya yang menyenangkan dan pesan yang kuat untuk menghilangkan prasangka. Namun, pencapaiannya yang paling signifikan datang dari penyertaannya yang halus.

Ketika Judy Hopps pindah ke apartemen Zootopia yang lusuh, dia bertemu sebentar dengan sepasang antelop yang memberitahunya bahwa mereka berniat membuat banyak keributan dan tidak pernah berencana untuk meminta maaf untuk itu. Butuh beberapa kesimpulan, tetapi praduga mengarah pada kesimpulan bahwa antelop itu berkencan atau bahkan mungkin menikah.

Selanjutnya, kredit Zootopia mencantumkan antelop sebagai Bucky Oryx-Antleson dan Pronk Oryx-Antleson, yang menegaskan bahwa mereka memiliki nama belakang yang sama. Jika itu kurang jelas, salah satu penulis skenario film tersebut mengonfirmasi bahwa keduanya telah menikah di Twitter.

  1. Frozen

Film Frozen – (Youtube).

Dilansir laman Screen Rant, penggemar berspekulasi tentang seksualitas Elsa sejak Frozen pertama kali dirilis pada 2013. Namun Frozen 2 masih belum membahas apakah dia homoseksual atau tidak. Disney tidak mengonfirmasi atau menyangkal teori tersebut, tetapi media sosial telah membahas topik tersebut dengan semangat baru sejak Disney+ merilis film tersebut lebih awal di tengah lockdown pandemi virus corona.

  1. Finding Dory

Finding Dory – (theglobeandmail)

Perdebatan tentang apakah Finding Dory menampilkan pasangan sesama jenis pertama dari Disney/Pixar tidak akan berakhir. Setelah trailer terbaru Finding Dory dirilis, muncul spekulasi yang merajalela bahwa salah satu adegan menampilkan pasangan lesbian.

Laman USA Today bertanya kepada sutradara Finding Dory, Andrew Stanton, di pemutaran perdana dunia kala itu, apakah pasangan yang digambarkan di layar memang pasangan lesbian. Dia tidak mengonfirmasi atau menyangkal.

  1. Strange World

Salah satu adegan film Disney, Strange World. – (Dok Disney)

Film animasi Disney Strange World yang disutradarai bersama oleh Don Hall dan Qui Nguyen, sekali lagi memicu perdebatan tentang orientasi seksual. Kali ini, topiknya muncul dalam skala yang jauh lebih besar, salah satu protagonis, seorang remaja, jatuh cinta dengan laki-laki lain.

Dilansir laman El Pais, remaja ini memberitahu ayahnya tentang hal itu. Ayahnya mendukungnya dan memberinya nasihat, tidak berfokus pada apakah putranya gay atau tidak, tetapi hanya sebagai seorang ayah yang berada di sisi putranya dalam urusan cinta. Artinya, film tersebut sepenuhnya menormalkan fakta bahwa seorang anak laki-laki mungkin merasa tertarik atau mencintai orang lain dengan jenis kelamin yang sama, seperti, misalnya, film Call Me By Your Name oleh Luca Guadagnino, yang juga menahan diri dari mengubah orientasi seksual menjadi pusat konflik keluarga.

  1. Lightyear

Foto adegan film animasi Lightyear. – (Dok Disney-Pixar)

Dilansir laman Dexertospin-off Toy StoryLightyear, menampilkan ciuman lesbian pertama dalam fitur Pixar. Space Ranger Alisha Hawthorne menjalin hubungan dengan Kiko, seorang perwira sains di kapalnya. Pada momen ulang tahun, mereka berciuman. [ ]

Sumber: republika.co.id

5

Redaksi: admin

894