Mengapa Naik Haji Harus Menunggu Lama ? Ini Yang Harus Dijelaskan Pada Anak

0
213
ilustrasi foto: kemenag

PARENTINGISLAM.ID – – Ternyata ini penyebab kenapa naik haji harus menunggu lama di Indonesia. Jamaah haji Tanah Air sendiri dijadwalkan mulai masuk ke asrama haji embarkasi pada 3 Zulqa’idah 1444 H atau 23 Mei 2023 untuk gelombang pertama.

Keberangkatan salah satu rukun Islam ini berbeda dengan umroh, sebab setiap calon jamaah yang telah mendaftarkan diri harus menunggu jadwal keberangkatan. Jadwal yang pun bisa beberapa tahun kemudian.

Perlu diketahui, ada beberapa alasan kenapa naik haji harus menunggu lama, berikut alasannya:

  1. Waktu Pelaksanaan Haji

Daftar haji harus menunggu antrean panjang lantaran ibadah haji lebih lama daripada umroh. Umumnya pelaksanaan ibadah haji sekitar 40 hari, sementara umroh hanya 9 hingga 14 hari saja.

Di saat ibadah haji, umat Muslim di seluruh dunia akan berkumpul di dalam satu tempat yang sama. Inilah yang membuat kuota haji pun diberikan batasan.

  1. Renovasi Tempat Ibadah

Di kota suci Mekah dan Madinah diketahui terus dilakukan lantaran pemerintah Arab Saudi berupaya memperluas daya tampung jemaah haji. Sebenarnya daya tampung yang diberikan untuk setiap negara adalah 10 persen.

Sehingga wajar saja jika antrean haji menjadi lama. Jemaah haji pun harus bersabar untuk menunggu gilirannya tiba.

  1. Indonesia memiliki Jemaah Terbanyak

Sebagai salah satu negara dengan mayoritas Muslim, tentu banyak masyarakat Indonesia yang berkeinginan untuk melakukan ibadah haji. Dengan banyaknya pendaftar reguler yang terus bertambah di Tanah Air tak heran jika antreannya jadi lebih panjang dan lama.

Itulah penyebab kenapa naik haji harus menunggu lama yang tak banyak orang tahu. Wallahu a’lam bisshawab. [ ]

Sumber: muslim.okezone.com

5

Redaksi: admin

984