Anak Minta Baju Lebaran Padahal Budget Pas-pasan? Begini Mengakalinya

0
281
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID РР Buat anak, umumnya lebaran identik sama batu kan ya Bun. Jadi, lumrah banget kalau pas lebaran anak ada yang antusias banget minta baju baru sama bundanya. Tapi, kadang yang jadi masalah kalau budget Bunda pas-pasan nih. Hmm, gimana ya mengakalinya?

Tenang Bun, walau budget terbatas, bukan berarti Bunda nggak bisa bikin anak tetap happy waktu dia minta dibelikan baju baru untuk lebaran. Kayak diungkapkan psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo M.Psi., Psikolog atau Anas, sebenarnya Bunda bisa mengakalinya pakai dua cara.

Menurut Anas, pada dasarnya kita beruntung nih Bun karena di Indonesia range harga pakaian masih bervariasi banget. Mulai dari yang di grosiran, di pasar, sampai online shop atau di mal dengan pakaian bermerk-nya. Tapi, buat anak di bawah usia 7 tahun Bun, mereka itu cara berpikirnya masih konkret operasional.

Artinya, pemikiran anak lebih konkret dan apa yang dia lihat, dia rasa, dan dia raba, itu yang jadi persepsi dia. Jadi kalau yang namanya baju baru buat

Lebaran, yang penting buat anak baju itu memang baru dibeli, dibungkus plastik, terus bisa aja yang baunya khas toko gitu Bun. Nah, anak nggak terlalu memusingkan baju ini merk-nya apa ya dan harganya berapa.

Cara lainnya, Bunda bisa ngasih pengertian ke anak dengan mengajari mereka prioritas dan delay gratification atau menunda sesuatu yang diinginkan.

Kata Anas, menurut penelitian longitudinal, kalau anak di umur 4-5 tahun bisa nunda sesuatu yang dia mau, di masa depan mereka cenderung lebih sukses karena lebih bisa menentukan prioritas lho Bun.

“Ini eksperimennya contohnya marshmallow experiment. Jadi ada marshmallow, anak diminta ngelihatin itu, eh ada anak yang udah ngejilat marshmallow-nya duluan, ada yang nahan dan cuma ngeliatin doang,” kata Anas.

Untuk anak umur di bawah 3 tahun, bisa jadi mereka nggak terlalu mementingkan baju baru buat Lebaran nih Bun.

Tapi untuk balita, kalau memang budget nggak mendukung anak dibelikan baju baru, kata Anas Bunda bisa ngajak ngobrol si kecil. Bisa aja, anak kita belum tahu lebaran itu apa selain kumpul keluarga dan makan-makan.

Misalnya, pas dia lihat saudaranya pakai baju baru, Bunda bisa ngingetin anak kalau sebetulnya pas anak ultah waktu itu, dia punya baju baru. Jadi, alihkan anak untuk memikirkan hal yang udah dia dapatkan Bun.

“Atau, ajak ngobrol aja kalau memang uang Bundanya lagi terbatas nih. Tawari anak gimana kalau nggak beli baju dulu tapi tetap beli makanan yang lain. Jadi kita alihkan anak ke hal yang dia sukai dan budgetnya lebih rendah,” kata Anas.

Dua trik itu menurut Anas bisa diterapkan untuk balita dan anak usia sekolah Bun. Meski memang, untuk anak usia sekolah mereka bisa sedikit sulit diajak negosiasi karena mereka sendiri udah ngelihat gimana sih lebaran teman-temannya misalnya, termasuk untuk urusan baju baru.

Tapi, percayalah Bun kalau anak sebenarnya bisa kok diajak berkomunikasi, apalagi dari hati ke hati. [ ]

Sumber: haibunda.com

5

Redaksi: admin

940