Menggosok Gigi Saat Puasa Batal Atau Tidak? Jelaskan Ini Ya Bunda

0
178
Anak gosok gigi ( ilustrasi foto: freepik )

PARENTINGISLAM.ID – – Ada beberapa aktivitas yang oleh sebagian anak dinilai dapat membatalkan puasa, padahal kalau kita merujuk pada keterangan-keterangan yang sahih dari Nabi Shalallahu alaihi wasallam., ternyata hal tersebut tidak membatalkan puasa, misalnya gosok gigi.

Islam memerintahkan kita menjaga kebersihan, salah satunya dengan menjaga kebersihan gigi. Karena itu, menggosok gigi tetap dianjurkan walaupun sedang puasa. Rasulullah Saw. selalu menggosok giginya walaupun sedang puasa. Amir bin Rabi’ah r.a. mengatakan,

Aku melihat Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam. menggosok gigi padahal beliau sedang puasa.” (H.R. Ahmad dan Bukhari).

Jadi pada hakikatnya gosok gigi tidak membatalkan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Namun dengan catatan tidak ada air yang masuk tenggorokan atau ke perut.

Selain itu ada beberapa pendapat ulama terkait aturan sikat gigi saat puasa, seperti berikut:

  1. Dianjurkan Menggunakan Siwak

Para ahli umumnya menyarankan untuk menggunakan siwak. Ini juga merupakan hal yang selalu dilakukan oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam semasa hidupnya.

Selama hidupnya, Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam membersihkan giginya menggunakan siwak, ranting pembersih gigi dengan rasa yang sangat lembut dan alami yang berasal dari pohon persica Salvadora. Merujuk sebuah hadis dari Rabi’ah RA, yang menyatakan:

Aku melihat Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam pada kesempatan yang tak terhitung jumlahnya, menggosok giginya dengan siwak (tongkat gigi), ketika dia dalam keadaan berpuasa,” (HR Tirmidzi).

Ini juga telah direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO) untuk digunakan alat untuk menjaga kebersihan mulut.

  1. Diutamakan Sikat Gigi Sebelum Shalat

Namun, kini banyak ahli yang menyatakan bahwa sikat gigi saat puasa diperbolehkan selama seseorang yang tengah berpuasa tidak menelan air kumur atau pasta gigi. Ini juga dijelaskan oleh salah satu dokter gigi di Arab Saudi, dr. Michael Formenius, yang menyatakan pasta gigi diperbolehkan selama bulan suci Ramadan.

Menurut salah satu hadis riwayat Imam Bukhori dan Muslim, Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam menyatakan bahwa membersihkan gigi menggunakan siwak sangat dianjurkan sebelum salat.

“Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudu.” (HR. Bukhori dan Muslim.)

Kembali lagi, hal yang Bunda perlu ingat ketika menyikat gigi saat berpuasa tujuannya untuk membersihkan gigi bukan untuk melepas dahaga, ya. Semoga putra putri kita puasanya lancar. [ ]

5

Redaksi: admin

903