Tips Mendidik dan Membesarkan Anak Generasi Alpha, Pahami 5 Hal Ini Bunda

0
90
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – – Dilansir dari Children’s Bureau, anak generasi alpha menggunakan teknologi di segala aspek dalam hidupnya, seperti di rumah dan di sekolah. Orang tua milenial terbiasa memperkenalkan anak generasi alpha pada media sosial dan smartphone, bahkan sebelum bisa berbicara. Bunda bisa mempertimbangkan beberapa tips ini untuk dapat beradaptasi dengan pola pengasuhan dari generasi Alpha ini.

 

1.Ikuti Perkembangan Teknologi Digital

Anak-anak generasi alpha sangat dekat dengan teknologi digital. Bahkan, mereka menggunakannya juga saat belajar di sekolah. Untuk itu, Ayah dan Bunda penting untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Cobalah untuk beradaptasi dan biasakan diri dengan dunia maya. Semakin baik melakukannya, semakin baik Si Kecil juga beradapatasi. Ada baiknya Bunda juga update terkait hal-hal yang boleh dan dilarang dalam teknologi digital. Jangan sampai anak menyalahgunakan keterbukaan teknologi ini atau justru ia menjadi korban.

Bunda juga bisa memberitahu anak soal keuntungan dan kekurangan dari teknologi digital. Jangan lupa juga mengidupkan pengaturan keamanan anak, ya. Biasanya, beberapa aplikasi games ada pilihan tersebut.

  1. Atur Screen Times

Hal yang paling ditakuti Bunda dengan kemajuan teknologi adalah anak jadi sulit berinteraksi dengan manusia lain secara langsung. Sedangkan, bagi anak-anak generasi alpha, teknologi digital adalah hal yang dibutuhkan sehari-hari dalam segala aktivitas.

Supaya ada waktu untuk bersosialisasi dengan orang lain, ada baiknya Ayah dan Bunda mengatur jadwal screen times. Misalnya, anak diberi batasan bermain gadget selama 2 jam sehari. Bisa juga menggunakannya pada hari libur atau weekend. Misalnya, anak diberi byatasan bermain yediakan permainan atau kegiatan lain supaya anak tidak cepat bosan ketika harus bersosialisasi dengan orang lain.

  1. Cek Keamanan Media Sosial

Seperti yang dikatakan sebelumnya, beberapa anak generasi alpha sudah memiliki media sosial sendiri. Bahkan, sejumlah aktivitas dan kegiatan sekolah juga diberikan di media sosial. Itu sebabnya, penggunaan platform ini tidak bisa terlakan.

Namun, tahukah Bunda kalau di dalam media sosial banyak sekali kejahatan yang berkeliaran? Untuk itu, Ayah dan Bunda jangan ragu untuk mengedukasi anak generasi alpha terkait cyber crime.

Hal ini supaya anak terhindar dari kejahatan-kejahatan tersebut. Bunda juga harus mengaktifkan sistem keamanan yang ada dalam media sosial anak. Tak lupa untuk selalu mengecek gadget anak.

 

  1. Jadi Orang Tua Sekaligus Teman

Tampaknya, anak-anak generasi alpha akan menolak gaya parenting yang otoriter dan kaku. Generasi ini lebih menyukai pendekatan yang lebih baik dari orang tua. Jadi, Ayah dan Bunda tidak hanya mengendalikan dan meminta anak untuk menurut.

Namun, orang tua juga berperan sebagai pendengar yang baik untuk memenuhi kebutuhan emosional anak. Bunda bisa menjadi sharing partner anak. Terutama ketika ia merasa sedang menghadapi sebuah masalah.

Selain itu, membebaskan anak untuk memilih hal-hal yang diminatinya. Ini supaya dapat explore kemampuan. Dengan begini, anak jadi tidak takut mencoba hal-hal baru yang menarik perhatiannya. Jadilah Ayah dan Bunda yang suportif dan menyenangkan bagi anak. Namun, tetap tegas terhadap aturan yang sudah dibuat.

 

  1. Buat Waktu Keluarga

Generasi alpha adalah anak-anak yang berani melontarkan opininya, lho. Ada baiknya Ayah dan Bunda sering mendengar ide-ide menarik dari Si Kecil. Misalnya, dengan mengajaknya ngobrol bareng setiap malam. Orang tua juga jangan ragu untuk membuat waktu keluarga bersama anak-anak generasi ini.

Tentunya, membuat sesi khusus ini sesuai dengan hal-hal yang disukai anak. Misalnya, membuat kompetisi bermain games digital bareng atau membuat content media sosial bersama.

Pastinya, anak menjadi lebih relate dengan Ayah dan Bunda. Ingat, Bunda, coba sesuaikan diri kita dengan anak. Jangan melulu memintanya untuk mengikuti keinginan kita. Jika Bunda mempersiapkan diri beradaptasi dengan Si Kecil yang merupakan Generasi Alpha, ini akan memudahkan perkembangan anak untuk menghadapi masa depannya. [ ]

5

Redaksi: admin

904