Mengapa Kita Harus Mengimani Malaikat ? Ini Yang Harus Dijelaskan Pada Anak

0
310
ilustrasi foto: pixabay

PARENTINGISLAM.ID – – Sebagai umat Islam kita wajib meyakini rukun iman. Salah satu rukun iman yang perlu dipelajari adalah iman kepada malaikat Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dalam hal ini tentu kita bertanya-tanya mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Subhanahu Wa Ta’ala? Bunda dan Si kecil bisa mencari tahu penjelasannya berikut ini.

Nurul Ihsan dalam bukunya berjudul Mengenal Malaikat Allah mengungkapkan iman kepada malaikat Allah berarti kita percaya sepenuh hati, bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala.  telah menciptakan malaikat, dalam jumlah yang banyak dengan tugasnya masing-masing.

Jika seseorang tidak percaya adanya malaikat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka orang tersebut tidak dikatakan sebagai orang yang beriman atau mukmin. Inilah alasan mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Beriman kepada malaikat Allah termasuk rukun iman yang kedua. Rukun iman yang berjumlah enam perkara merupakan satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan dan tidak dapat dipilih-pilih,” kata Nurul Ihsan dikutip dari karyanya berjudul Mengenal Malaikat Allah.

Iman kepada malaikat Allah juga tertuang dalam hadis Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam sebagai berikut:

 

“Berimanlah kepada Allah, kepada malaikat-malaikat, kepada kitab-kitab, kepada rasul, kepada hari kemudian, dan kepada takdir, yang baik dan yang buruk.” (HR. Muslim)

Lantas apa saja yang wajib kita yakini tentang malaikat? Berikut penjelasannya Bunda.

  1. Mengimani Keberadaan Dan Sifat Para Malaikat

Malaikat diciptakan Allah sebelum menciptakan manusia. Malaikat diciptakan Allah dari nur atau cahaya. Malaikat mempunyai cahaya, seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Faathir ayat 1 yang artinya, sebagai berikut:

“Segala puji bagi Allah, pencipta langit dan bumi. Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai masalah) yang mempunyai sayap. Masing-masing memiliki dua, tiga, dan empat sayap. Allah menambahkan ciptaannya apa yang dikehendakinya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al-faathir: 1)

Malaikat termasuk makhluk ghoib, artinya mereka tidak terlihat, tidak bisa diraba, tidak bisa dirasakan oleh panca indera kita. Jasad malaikat halus dan dapat berubah-ubah. Kita tidak bisa tahu bentuk malaikat seperti apa, namun dalam beberapa peristiwa, atas izin Allah Subhanahu Wa Ta’ala, malaikat bisa menampakkan diri sehingga bisa terlihat oleh manusia.

  1. Mengimani Malaikat Yang Sepuluh, Dan Malaikat Lainnya

Berikut sepuluh malaikat Allah yang wajib kita ketahui dan imani:

  1. Malaikat Jibril

  2. Malaikat Mikail

  3. Malaikat Israfil

  4. Malaikat Izrail

  5. Malaikat Munkar

  6. Malaikat Nakir

  7. Malaikat Raqib

  8. Malaikat Atid

  9. Malaikat Malik

  10. Malaikat Ridwan

Selain sepuluh malaikat di atas masih ada banyak malaikat Allah yang lainnya yang tentu wajib kita yakini semuanya Bunda.

  1. Kita harus mengimani tugas-tugas para malaikat

Malaikat memiliki tugas yang banyak. Selain tugas masing-masing, secara umum malaikat menjalankan tugas dari Allah yang tertera dalam kitab suci Al-Quran. Berikut penjelasannya Bunda.

a.Menyampaikan Wahyu Kepada Nabi Dan Rasul

Salah satu tugas malaikat yakni menyampaikan wahyu kepada nabi dan rasul. Setiap malaikat mempunyai tugasnya masing-masing.

“Dan sesungguhnya Al-Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan Semesta Alam dengan perantaraan Ar-Ruh Al-Amin (Malaikat Jibril).” (QS. As-Syu’araa: 192-193)

b.Memperkuat Keimanan Para Nabi Dan Kaum Muslimin

“…dan Kami berikan kepada Isa, putra Maryam beberapa mukjizat serta Kami perkuat dia dengan Ruhul Kudus (Malaikat Jibril).” (QS.Al-Baqarah: 253)

 

c.Mendatangkan Azab Bagi Umat Yang Zalim Dan Mengingkari Ayat-Ayat Allah

 

“Bagaimana (keadaan mereka) apabila malaikat maut mencabut nyawa mereka seraya memukul muka dan punggung mereka.” ( QS. Muhammad: 27)

d.Menolong Manusia Dengan Memintakan Ampunan Kepada Allah

 

“Hampir saja langit itu pecah dari sebelah atasnya (karena kebesaran Tuhan) dan malaika-malaikat bertasbih memuji Tuhannya serta memohonkan ampunan bagi orang-orang yang di bumi. Ingatlah bahwa sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. As-Syuura: 5)

Jadi inilah alasan mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, agar kita senantiasa menjadi makhluk Allah Ta’ala yang bertaqwa dan menjalankan perintah-Nya Bunda. [ ]

Sumber: haibunda.com

5

Redaksi: admin

830