Manfaat Membaca Buku Bagi Balita, Dapat 4 Hal Ini Bunda

0
46

PARENTINGISLAM.ID – – Bayi memang tidak akan mengerti apa yang Bunda lakukan. Namun, membacakan buku seperti yang dilakukan oleh para Bunda kepada sang anak, adalah kegiatan bersama yang luar biasa dan nantinya bisa dilanjutkan sampai bertahun-tahun.

Mengutip dari laman Kids Health, membacakan buku ke anak sejak bayi sangat penting bayi otaknya. Bayi akan mendengar Bunda ketika membacakan buku dengan berbagai macam emosi, suara, dan ekspresi yang berbeda. Ini tentu akan mendukung sosial dan emosionalnya.

Ternyata ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan anak ketika Bunda membacakannya buku sejak bayi, lho. Penasaran dengan deretannya? Berikut ini Bubun rangkumkan ulasannya dari laman Cleverland Clinic.

  1. Meningkatkan Keterampilan Bahasa

Ketika bayi mendengar kata-kata saat Bunda membacakan buku dengan keras, keterampilan bahasanya akan mulai berkembang. Tak hanya itu, membacakan buku juga akan membuat Si Kecil mengenal lebih banyak kata.

Selain itu, melansir laman NY Metro Parents, membacakan anak buku sejak usia dini bisa membangun kosa kata mereka, Bunda. Anak-anak akan tumbuh di rumah di mana mereka diajak bicara secara teratur dan tentunya anak akan memiliki kosa kata yang jauh lebih banyak.

Membaca membuat Si Kecil bisa menyaring juga memberikan anak kosa kata yang akan mereka gunakan sepanjang hidup mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata buku anak-anak mengandung kata-kata unik 50 persen lebih banyak daripada acara televisi atau percakapan biasa antara dua orang dewasa yang berpendidikan.

Meskipun bayi mungkin belum memahami konsep dan alur cerita dari buku, pada waktunya mereka akan menemukan makna dalam kata-kata yang Bunda gunakan.

  1. Bonding yang Lebih Dekat

Ternyata membacakan buku untuk Si Kecil sejak bayi bisa menjadi cara bonding yang tepat dengan anak, Bunda. Hal ini diungkapkan langsung oleh seorang dokter anak, Sarah Klein, MD.

“Memiliki perhatian satu-satu dengan bayi Anda memperkuat ikatan Anda,” katanya.

Sambil mengembangkan keterampilan bahasa dan komunikasi anak-anak, serta membaca juga membantu anak memahami dunia di sekitar mereka, Bunda. Itulah mengapa membaca dikatakan sebagai jendela dunia.

  1. Menetapkan Rutinitas

Dokter Klein mengatakan anak-anak dari segala usia akan berkembang dengan rutinitas yang dijalaninya. Membaca yang sudah Bunda ajarkan sejak bayi ini juga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk jadwal hariannya.

Kalau Bunda terbiasa membacakan buku sebelum tidur, ini bisa menjadi sinyal pada bayi bahwa sudah waktunya untuk tidur. Dengan begitu, Bunda tidak perlu repot menidurkannya.

 

  1. Mendukung Keberhasilan Dalam Sekolahnya Kelak

Menilik dari laman Cleverland Clinic, Dr. Klein mengungkap ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sekitar sepertiga anak memulai taman kanak-kanak tanpa keterampilan bahasa. Padahal keterampilan ini sangat dibutuhkan untuk belajar membaca.

Membaca untuk bayi dan anak kecil bisa membantu mereka mengembangkan keterampilan ini, Bunda. Lebih lanjut, Dr. Klein menjelaskan keterampilan berbahasa adalah keterampilan yang sangat berharga, terutama ketika anak memasuki sekolah.

Jadi, sudah membacakan buku untuk anak hari ini, Bunda? [ ]

Sumber: haibunda.com

5

Redaksi: admin

820

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini