Peran dan Upaya Orangtua dalam Menghadapi Era Digitalisasi, Ini Yang Harus Dilakukan

0
250

PARENTINGISLAM. ID – – Perkembangan teknologi yang pesat memiliki peranan penting dalam keterbukaan informasi pada era ini. Anak-anak di era saat ini merupakan salah satu penikmat teknologi, di mana mereka dengan mudahnya beradaptasi dengan berbagai perkembangan teknologi.

 

Digitalisasi adalah salah satu cara atau metode dalam melakukan aktivitas untuk mencapai sebuah tujuan. Tapi tentu saja dampak negatif dari dunia digital pada anak harus diminimalkan dan lebih besar mengupayakan azas manfaatnya.

 

Orang tua sejak dulu sudah mengajarkan ke anak mengenai prinsip-prinsipnya dalam pendidikan. Misalnya, fokus untuk belajar di jam-jam belajar daripada bermain game di handphone. Atau, melarang untuk melakukan tindakan negatif baik di ruang nyata maupun digital. Atau, jangan mengerjakan suatu hal secara berlebihan, dan seterusnya.

 

Oleh karenanya, orang tua wajib untuk memberikan nilai-nilai prinsip kepada sang anak, bukan metode digitalnya. Karena metode mudah untuk dipelajari di bangku sekolah atau platform belajar online, namun nilai prinsip yang melandasi metode tersebut yang jauh lebih esensial untuk diajarkan kepada si anak.

 

Sementara itu di era teknologi ini generasi Z yang ada di usia sekolah memiliki gaya belajar visual yang lebih dominan. Di sinilah praktisi pendidikan menghimbau keluarga memahaminya dan juga perlu sebuah coaching atau pendampingan dari anggota keluarga yang satu ke anggota keluarga yang lainnya dengan melibatkan teknologi.

 

Jika keluarga sudah paham, maka akan mudah melakukan proses belajar bersama, belajar secara kolektif untuk memahami potensi setiap anggota keluarga, potensi setiap anak mereka dalam mengembangkan diri mereka. Jika sudah mengetahui keterampilan apa saja yang diminati oleh anak-anaknya, akan memudahkan orang tua memberikan aplikasi apa saja yang bisa dimanfaatkan oleh setiap anak yang berbeda-beda. Beragam aplikasi juga sudah tersedia dimana-mana. [ ]

 

5

Redaksi: admin

892