Waktu Mustajab Doa Bulan Ramadhan, Yuk Ajarkan 3 Waktu Ini Pada Anak

0
471
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID — Bulan Ramadhan menjadi bulan untuk memperbanyak doa. Dalam Al Quran pun Allah Ta’ala memerintahkan kepada hamba-Nya untuk berdoa dan tidak boleh putus asa, sebab Allah pasti akan mengabulkan permohonan hamba-Nya,

 

(186). وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

 

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah [2]: 186)

 

 

Untuk itu Ayah Bunda harus mengajarkan berdoa ini kepada anak-anak khususnya di bulan Ramadhan. Ada waktu-waktu terbaik untuk berdoa di bulan Ramadhan yang perlu disampaikan kepada anak:

 

  1. Waktu Sahur

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda :

Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan…..Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari)

 

 

  1. Saat Berpuasa..

Disunnahkan untuk orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunia ya gaes sayang loh kalau isinya rebahan doang?

Sesuai hadits berikut “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad)

 

  1. Ketika Berbuka Puasa..

Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi)

 

Jadi Ayah Bunda harus memaksimalkan waktu-waktu terbaik bersama anak-anak khususnya dalam berdoa. Yuk maksimalkan waktu di bulan Ramadhan. [ ]

 

 

5

Redaksi: admin

890