Manfaat Membaca Komik Dapat Membantu Tumbuh Kembang Anak

0
385
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – – Berdasarkan informasi dari National Museum of American History komik muncul pada tahun 1930. Pada masa itu komik-komik tersebut hadir dalam bentuk potongan-potongan di koran.

 

 

Namun, seiring berjalannya waktu, komik hadir dengan konten yang lebih unik. Manfaat baca komik pada anak-anak dan dewasa pasti berbeda. Pada anak-anak, manfaat baca komik biasanya bagus untuk tumbuh kembangnya.

 

Apalagi jika komik yang dipilih ada komik dengan unsur pendidikan. Komik bisa memberikan pengetahuan baru pada anak-anak.

 

Berikut beberapa manfaat baca komik pada anak-anak!

 

  1. Menciptakan Kebiasaan Senang Membaca

Kadang anak sulit sekali untuk diajak belajar, terutama membaca buku pelajaran. Untuk mengatasi hal ini Moms bisa memberikan komik pendidikan.

 

Sebab, melalui komik anak bisa lebih mudah memahami karena dikemas dalam tampilan yang menarik. Gambar-gambarnya yang berwarna, ilustrasinya menarik dan bacaannya lebih ringan.

 

Pada komik pendidikan, ada banyak penjelasan seperti sains. Manfaat baca komik pun semakin terasa karena pengetahuan anak pun bisa bertambah.

 

 

  1. Imajinasi dan Kreativitas Anak Bisa Meningkat

Warna yang ditampilkan pada komik bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak, lho! Sebab, komik tampil dengan banyak warna sehingga anak bisa memvisualisasi informasi yang didapat.

 

Manfaat baca komik ini bisa menciptakan imajinasi sehingga kreativitas anak pun ikut berkembang. Anak pun ikut tertarik latihan menggambar.

 

 

  1. Anak Lebih Mudah Menyerap Ilmu

Manfaat baca komik lainnya adalah anak lebih mudah menyerap ilmu yang ada di dalam komik. Hal ini karena informasi yang disampaikan melalui komik terasa begitu ringan.

 

Pengetahuan yang biasanya sulit dipahami oleh anak pun jadi lebih mudah dimengerti. Saat membaca komik, anak tidak merasa seperti membaca buku pelajarannya.

 

 

  1. Daya Ingat Lebih Meningkat

Ilustrasi dan informasi yang ada pada komik begitu ringan. Manfaat baca komik ini bisa meningkatkan kemampuan daya ingat pada anak.

 

Saat membaca komik anak lebih mudah memahami sehingga ia mudah menceritakan informasi yang sudah dibaca. Komik bagus dalam merangsang daya ingat.

 

Bahkan berdasarkan Jurnal Aplikasi Komik sebagai Media Pembelajaran menyebutkan komik sains yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. [ ]

 

Sumber: orami.co.id

5

Redaksi: admin

830