Anak Susah Minum Air Putih ? Coba 5 Cara Ini Agar Tidak Dehidrasi

0
320
ilustrasi foto: freepik
PARENTINGISLAM.ID – – Anak seringkali sulit minum air mineral dengan jumlah yang cukup. Hal itu karena air putih atau air mineral tidak memiliki rasa apapun dan cenderung membosankan bagi anak-anak.

 

Di usianya, si kecil lebih senang dengan makanan dan minuman yang memiliki rasa. Akan tetapi orang tua terutama para Bunda perlu melatih anak untuk rutin minum air mineral dengan cukup setiap harinya. Dilansir dari berbagai sumber dan haibunda.com, berikut cara yang bisa Bunda lakukan agar anak rutin minum air mineral:

 

  1. Jadikan Air Minum Lebih Menarik
Di masa pertumbuhannya, anak-anak senang dengan hal-hal yang menarik perhatiannya. Nah, agar minum tidak menjadi aktivitas membosankan untuk anak, Bunda bisa membuatnya lebih menarik.
Misalnya dengan menggunakan sedotan warna-warni. Kemudian tutupan gelas berbentuk karakter unik, bisa juga menggunakan botol minum dengan bentuk/gambar karakter kesukaannya.

 

  1. Ajak Bermain Games
Ketimbang memerintahkan anak untuk minum rutin, Bunda mungkin bisa menyiasatinya dengan mengajak bermain games. Misalnya dengan mengajak permainan menghitung gelas kemudian menuangkannya dengan air. Setelahnya Bunda mungkin bisa mengajak anak untuk minum bersama.
  1. Gunakan Cangkir Khusus
Anak-anak tentu akan lebih senang menggunakan barang-barang dengan bentuk atau gambar yang mereka sukai. Maka siapkanlah cangkir khusus yang disukai buah hati. Ajak dan biarkan mereka memilih warna atau karakter favorit mereka sendiri. Cara ini mungkin bisa membantu agar anak bisa rutin minum air mineral setiap harinya.

 

  1. Apresiasi Dengan Hadiah Sederhana
Memberi mereka hadiah sederhana berupa bagan bintang atau stiker untuk setiap minuman air mungkin juga bisa membantu. Si Kecil akan merasa senang dengan apresiasi semacam itu dan akan terbiasa menikmati air mineral sebagai asupan sehari-hari.

 

 

  1. Beri Contoh Minum Air Mineral Rutin
Anak-anak suka meniru apa yang dilakukan oleh orang sekitarnya terutama orang tua. Oleh sebab itu, untuk membiasakan anak rutin minum air mineral, pastikan mereka melihat Bunda menikmati segelas air yang menyegarkan setiap hari dengan cukup.
Misalnya di pagi hari, pada waktu makan, saat haus setelah beraktivitas, dan malam hari.
Nah itulah beberapa cara agar anak rutin minum air putih yang bisa Bunda lakukan. Pastikan anak mengkonsumsi air secara rutin dan sesuai jumlah yang dianjurkan. [ ]
5
Redaksi: admin
830