Keutamaan Bulan Ramadhan, Sampaikan 15 Hal Ini Agar Semangat Ibadah

0
388
ilustrasi foto: freepik
PARENTINGISLAM.ID – – Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Ya Syahru Siyam. Selamat datang wahai bulan mulia, bulan berpuasa. Ramadhan begitu istimewa karena banyak keutamaan yang tidak dimiliki bulan-bulan lainnya. Maka sambutlah kedatangannya dengan hati gembira penuh suka cita.
Dialah satu-satunya bulan yang membawa keberkahan, alangkah mulianya tamu agung itu. Umat muslim perlu mengetahui keutamaan Ramadhan yang sangat agung. Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam (SAW) mengingatkan umatnya agar tidak melalaikan bulan ini. Berikut 15 Keutamaan Bulan Ramadhan Lengkap dengan dalilnya:
  1. Bulan Diwajibkan Berpuasa 1 Bulan Penuh
Ramadhan menjadi istimewa karena di bulan ini umat muslim diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Tujuannya tidak lain untuk menjadikan seorang muslim menjadi hamba bertakwa. Berikut firman-Nya dalam Al-Qur’an:
 يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ
 “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelummu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqarah: Ayat 183)
  1. Bulan Diturunkannya Al-Qur’an
Salah satu keutamaan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya pertama kali diturunkan Al-Qur’an pada Lailatul Qadar, yaitu malam kemuliaan. Ini terjadi pada tanggal 17 Ramadan bertepatan dengan pecahnya perang pasukan Islam dan kafir Quraisy di Badar, yang pada saat turun wahyu itu Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun.
 شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ
Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)…” (QS Al-Baqarah: Ayat 185)
  1. Penghulu Semua Bulan
Ramadhan dijuluki Sayyidusy Syuhur (Penghulu semua bulan). Keistimewaan bulan ke-9 kalender Hijriyah ini dijelaskan dalam Hadis berikut:
 اَتَاكُمْ رَمَضَانُ سَيِّدُ الشُّهُوْرِ فَمَرْحَبًا بِهِ وَاَهْلاً جَاءَ شَهْرُ الصِّيَامِ بِالبَرَكَاتِ فَاكْرِمْ بِهِ مِنْ رَائِرٍ هُوَ اَتٍ
“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, penghulu segala bulan. Maka selamat datanglah kepadanya. Telah datang bulan shaum membawa segala rupa keberkahan. Maka alangkah mulianya tamu yang datang itu.” (HR. Ath-Thabrani)
Rasulullah SAW ketika berada di penghujung bulan Syakban, selalu mengatakan kepada sahabatnya: “Penghulunya bulan adalah bulan Ramadan dan penghulunya hari adalah hari Jumat. (HR Thabrani).
  1. Terdapat Malam Seribu Bulan
Di bulan Ramadhan ada satu malam istimewa yaitu Lailatul Qadar yang lebih baik dari 1000 bulan (QS Al-Qadar). Siapa yang beribadah di malanya, maka ia mendapat keistimewaan luar biasa sebagaimana Hadis dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda:
 مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (رواه البخاري، رقم 1910، ومسلم، رقم 760 )
Barangsiapa yang berdiri (menunaikan sholat) pada malam Lailatul Qadar dalam keadaan beriman dan berharap (pahala), maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR Al-Bukhari 1910, Muslim 760)
  1. Diampuni Dosa-dosa yang Lalu
Keutamaan lain dari Ramadhan adalah diampuni dosa-dosa yang telah lalu. Hal ini diterangkan dalam hadis berikut:
 مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni“. (HR Al-Bukhari dan Muslim)
  1. Pintu Surga Dibuka, Neraka Ditutup dan Setan Dibelenggu
Tidak ada bulan yang pintu surga dibuka dan neraka ditutup oleh Allah kecuali di bulan Ramadhan. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:
 إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ ، وَفُتِحَتْ أَبُوَابُ الجَّنَةِ ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ
Apabila Ramadhan telah tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu eraka, dan dibelenggulah para setan.” (HR Bukhari dan Muslim)
  1. Pahala Ibadah Dilipatgandakan
Dalam satu Hadis, Rasulullah menyampaikan keutamaan Ramadhan dimana pahala dilipatgandakan.
 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (إِنَّ أُمَّتِيْ لَمْ يَخِزُّوْا مَا أَقَامُوْا شَهْرَ رَمَضَانَ). قِيْلَ يَا رَسُوْلَ الله وَمَا خَزِيُهُمْ فِي إِضَاعَةِ شَهْرِ رَمَضَانَ؟ قال: (اِنْتِهَاكُ الْمَحَارِمِ فِيْهِ مِنْ زِنَا فِيْهِ أَوْ شَرِبَ فِيْهِ خَمْرًا لَعَنَهُ اللهًُ وَمَنْ فِي السَّمَاوَاتِ إِلَى مِثْلِهِ مِنَ الْحَوْلِ فَإِنْ مَاتَ قَبْلَ أَنْ يُدْرِكَهُ رَمَضَانُ لَمْ تَبْقَى لَهُ عِنْدَ اللهِ حَسَنَةٌ يتقي بها النار فَاتَّقُوا شَهْرَ رَمَضَانَ فَإِنَّ الْحَسَنَاتِ تُضَاعَفُ فِيهِ مَا لَا تُضَاعَفُ فِيْمَا سِوَاهُ وَكَذَلِكَ السَّيِّئَاتُ)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Sesungguhnya umatku tidak akan terhina, selama mereka mendirikan bulan Ramadhan.’ Sahabat bertanya: ‘Wahai Rasulullah, apa bentuk kehinaan mereka dalam menyia-nyiakan bulan Ramadhan?’ Rasulullah menjawab, ‘Pelanggaran terhadap hal-hal yang haram pada bulan Ramadhan, seperti zina atau minum khamar. Allah dan para malaikat melaknatnya hingga tahun berikutnya. Jika ia meninggal sebelum bulan Ramadhan berikutnya, maka ia tidak mempunyai kebaikan apa pun di sisi Allah yang bisa menyelamatkannya dari neraka. Oleh sebab itu, berhati-hatilah terhadap bulan Ramadhan, karena pahala kebaikan demikian juga ganjaran kejelekan akan dilipat gandakan.” (HR at-Thabrani)
  1. Puasa Ramadhan Adalah Rukun Islam
Puasa di bulan Ramadhan adalah satu dari 5 Rukun Islam yang wajib ditunaikan umat muslim.
 عن أبي عبد الرحمن عبد الله بن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما قال : سمعت النبي صلَّى الله عليه وسلَّم يقول : بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ .رواه البخاري و مسلم
Dari Abu ‘Abdirrahman ‘Abdullah bin ‘Umar bin Khaththab berkata, “Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Islam dibangun di atas lima: bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, naik haji, dan puasa Ramadhan“. (HR Al-Bukhari dan Muslim)
 
  1. Bulan Terkabulnya Doa
Keutamaan lain yang membuat Ramadhan sangat istimewa yaitu bulan dikabulkannya doa. Berikut keterangan Hadis dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda:
 إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ
“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa, akan dikabulkan.” (HR Al Bazaar)
  1. Penggugur Dosa Selama Menjauhi Dosa Besar
Ramadhan menjadi bulan istimewa menghapus segala dosa selama ia menjauhi dosa-dosa besar. Berikut Hadisnya:
 وَعَنْهُ ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( الصَّلَوَاتُ الخَمْسُ ، وَالجُمُعَةُ إِلَى الجُمُعَةِ ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ ، مُكَفِّراتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتُنِبَتِ الكَبَائِرُ )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ.
“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi bersabda: “Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan adalah penghapus dosa-dosa yang di antara semua itu, jika dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 233]
  1. Ibadah Umrah Setara dengan Pahala Haji
 Umrah di bulan Ramadhan pahalanya seperti Haji. Dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah berkata kepada seorang wanita Anshar bernama Ummu Sinan:
 فَإِنَّ عُمْرَةً فِي رَمَضَانَ تَقْضِي حَجَّةً أَوْ حَجَّةً مَعِي
Sesungguhnya Umrah ketika bulan Ramadhan sama dengan memunaikan haji atau haji bersamaku.” (HR Al-Bukhari 1863, Muslim 1256)
 
  1. Memberi Makan Berbuka Diganjar Pahala Puasa
Dari Zaid bin Khalid Al Juhani radhiallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا
“Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu”. (HR. At Tirmidzi 807, Ahmad 21676, An Nasa’i 3332, Al Baihaqi 3952)
 
 
  1. Terbukanya Pintu-pintu Rahmat
Keutamaan lain dari bulab Ramadhan adalah dibukan pintu rahmat oleh Allah Ta’ala. Rasulullah SAW bersabda:
 إذا كان رمضان فتحت أبواب الرحمة، وغلقت أبواب جهنم، وسلسلت الشياطين
Jika bulan Ramadhan maka dibukalah pintu-pintu rahmat, ditutup pintu-pintu neraka dan setan dirantai.” (HR Muslim 1079)
  1. Sholat Malam
Menghapus Dosa Lalu Siapa yang mengerjakan sholat malam (Tarawih, Witir) pada bulan Ramadhan maka dosakanya yang lalu diampuni. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi bersabda:
 مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Barang siapa yang sholat malam pada Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosa yang lalu.” (HR Al-Bukhari)
 
 
 
  1. Bulan Melatih Kesabaran
Selain bertabur pahala, Ramadhan merupakan bulan melatih kesabaran. Sebagaimana diketahui, sabar merupakan salah satu hal terpuji di sisi Allah. Rasulullah SAW bersabda:
 وَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ ، فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَصْخَبْ ، فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ ، أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّى امْرُؤٌ صَائِمٌ
Jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah berkata-kata kotor, dan jangan pula bertindak bodoh. Jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya, hendaklah mengucapkan: sesungguhnya aku sedang berpuasa.” (HR Al-Bukhari 1904 dan Muslim 1151)
Semoga bermanfaat. [ ]
5
Redaksi: admin
830