Cara Mengenalkan Kegiatan Ekonomi Pada Anak, Sampai 3 Hal Prinsip Ini

0
464

PARENTINGISLAM.ID – – Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak pernah lepas dari kegiatan ekonomi. Hal tersebut dilakukan guna memenuhi kebutuhan hidup.

 

Untuk melakukan kegiatan ekonomi tersebut, terdapat kerja sama antara orang yang satu dengan orang lainnya. Mulai dari yang memproduksi, memperjual-belikan, dan seterusnya.

 

Kegiatan ekonomi sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Terdapat tiga jenis kegiatan ekonomi yang biasa dilakukan manusia, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

 

Nah, agar semakin paham, yuk simak informasi lebih lengkap  seperti dikutip dari Popmama.com mengenai 3 jenis kegiatan ekonomi yang perlu diketahui anak.

 

  1. Produksi

Produksi merupakan kegiatan atau usaha manusia untuk menghasilkan atau menambah nilai guna barang dan jasa untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Produksi mencakup dua hal penting, yaitu menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa, serta menambah nilai guna barang dan jasa tersebut.

 

Orang yang melakukan kegiatan produksi ini disebut produsen. Faktor kegiatan produksi adalah alam, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan.

 

Contoh kegiatan produksi, di antaranya adalah petani yang memproduksi bahan pangan hingga akhirnya siap didistribusikan.

 

Kegiatan produksi memiliki beberapa tujuan, yaitu sebagai berikut.

 

  • Memenuhi kebutuhan manusia.
  • Mencari keuntungan atau laba.
  • Menjaga kelangsungan hidup perusahaan.
  • Meningkatkan mutu dan jumlah produksi.
  • Mengganti barang-barang yang aus dan rusak karena dipakai atau karena bencana alam.

 

  1. Distribusi

 

Distribusi merupakan proses penyaluran barang hasil produksi dari produsen kepada konsumen. Distribusi dilakukan agar barang produksi bisa sampai pada masyarakat yang membutuhkannya.

 

Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor. Contoh kegiatan distribusi adalah beras yang berasal dari produsen disalurkan ke toko-toko atau grosir agar cepat sampai kepada masyarakat.

 

Tujuan distribusi sendiri adalah sebagai berikut:

 

  • Kelangsungan hidup kegiatan produksi terjamin.
  • Barang atau jasa hasil produksi dapat bermanfaat bagi konsumen.
  • Konsumen dapat mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan mudah.

 

  1. Konsumsi

Konsumsi adalah sebuah kegiatan untuk mengurangi, memakai, atau menghabiskan suatu nilai guna sebuah barang.

 

Konsumsi juga bisa diartikan sebagai kegiatana di mana nilai guna barang atau jasa berkurang untuk memenuhi kebutuhan atau  ketika masyarakat menggunakan barang dan jasa produksi secara berangsur-berangsur atau sekaligus habis demi memenuhi kebutuhan.

 

Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Contoh kegiatan konsumsi adalah pemenuhan kebutuhanan makanan, listrik, pakaian, aksesori, dan lain sebagainya.

 

Ada pun tujuan kegiatan konsumsi ialah sebagai berikut.

 

  • Mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap.
  • Menghabiskan nilai guna barang sekaligus.
  • Memuaskan kebutuhan secara fisik.
  • Memuaskan kebutuhan rohani.

Itulah 3 jenis kegiatan ekonomi yang perlu diketahui anak. Pelaku kegiatan ekonomi sendiri bisa sebagai individu, sekelompok orang, atau bahkan lembaga. Semoga informasi ini bermanfaat. [ ]

5

Redaksi: admin

972