5 Tips Ajarkan Anak Bacaan Iqra Hingga Hafal Huruf Hijaiyah & Tanda Bacanya

0
2151

PARENTINGISLAM.ID – – Bunda bisa mengenalkan huruf hijaiyah ke anak sejak dini lho. Anak yang mengerti huruf hijaiyah dapat mudah membaca Al-Qur’an.

Huruf hijaiyah beserta tanda bacanya dapat dikenalkan pertama kali dari Iqra. Buku Iqra dibuat berdasarkan tingkat kesulitan, dimulai dari pengenalan huruf hijaiyah.

Sejarah Iqra

Iqra menjadi metode pengajaran baca Al-Qur’an dengan menggunakan sistem Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). Metode ini disusun oleh H. As’ad Humam, pendiri AMM Yogyakarta, pada tahun 1990.

“Metode Iqra adalah suatu metode yang menekankan langsung pada pelatihan membaca yang dimulai dari tingkat paling sederhana, tahap demi tahap sehingga sampai pada tahap yang paling sempurna,” kata Dr. Hj. Nur’aini, M.Ag dalam buku Metode Pengajaran Alquran dan Seni Baca Alquran dengan Ilmu Tajwid.

“Pembelajaran dalam metode ini, lebih cenderung kepada ingatan huruf sehingga tidak perlu menghafal,” sambungnya.

  1. As’ad Humam bersama Team tadarus AMM mengeluarkan buku Iqra: Cara Cepat Membaca Al-Qur’an untuk mengenalkan anak huruf hijaiyah. Melalui buku ini, kita bisa membantu melancarkan cara baca anak membaca huruf hijaiyah sebelum membaca ayat Al-Qur’an.

Ada enam jilid buku Iqra, yakni Iqra 1 hingga Iqra 6. Tingkat kesulitan paling tinggi ada di buku Iqra 6. Sementara yang paling mudah ada di buku Iqra 1.

Pengenalan huruf hijaiyah pertama anak dapat dimulai secara bertahap dari Iqra 1 ya, Bunda. Di buku ini, anak bisa belajar satu per satu huruf hijaiyah, cara baca, berserta tanda bacanya.

Kelebihan Dan Kekurangan Metode Iqra

Iqra dapat dijadikan metode untuk mengajarkan anak huruf hijaiyah sebelum membaca ayat-ayat di Al-Qur’an. Berikut kelebihan metode Iqra menurut Dr. Hj. Nur’aini, M.Ag:

  • Siswa dituntut untuk aktif karena Iqra menggunakan metode CBSA.

  • Dalam penerapannya menggunakan klasikal dan cara eksisrensi.

  • Metode komunikatif, artinya bila siswa mampu membaca dengan baik dan benar guru dapat memberikan pujian, perhatian, dan penghargaan.

  • Bila ada siswa yang sama tingkat Iqra-nya, anak bisa secara bergilir membaca sekitar dua baris, sementara yang lainnya dapat menyimak.

Berikut kekurangan metode Iqra dalam mengenalkan huruf hijaiyah:

  • Bacaan-bacaan tajwid tak bisa dikenalkan sejak dini.

  • Tidak ada media pelajaran.

  • Tidak dianjurkan menggunakan irama murattal.

Huruf Hijaiyah Di Iqra

Mulai dari Iqra pertama, Bunda bisa mengenalkan anak 28 huruf hijaiyah. Dalam buku Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam karya Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I dan Zulkipli Nasution, MA, dijelaskan bahwa huruf hijaiyah berasal dari Bahasa Arab.

Kata ‘huruf’ berasal dari Bahasa Arab ‘harf’ atau ‘hurf’. Sedangkan kata ‘hijaiyah’ berasal dari kata kerja ‘hajja’, yang artinya mengeja, menghitung huruf, atau membaca huruf demi huruf.

“Huruf hijaiyah dimulai dari ‘Alif’ dan berakhir pada huruf ‘Ya’,” demikian kata tim penulis.

Orang yang pertama kali menyusun huruf hijaiyah secara berurutan adalah Nashr bi ‘Ashim al-Laitsi’. Tak seperti huruf latin, huruf hijaiyah dibaca dari kanan ke kiri, Bunda.

Jumlah huruf hijaiyah adalah 28 huruf tunggal atau 30 bila memasukkan huruf rangkap ‘Lam-Alif’ dan ‘Hamzah’ sebagai huruf yang berdiri sendiri. Berikut 30 huruf hijaiyah serta cara membacanya:

  1. ا dibaca Alif

  1. ب dibaca Ba’

  1. ت dibaca Ta’

  1. ث dibaca Tsa’

  1. ج dibaca Jim

  1. ح dibaca Ha’

  1. خ dibaca Kho’

  1. د dibaca Dal

  1. ذ dibaca Dzal

  1. ر dibaca Ro’

  1. ز dibaca Za’

  1. س dibaca Sin

  1. ش dibaca Syin

  1. ص dibaca Sho

  1. ض dibaca Dho

  1. ط dibaca Tho

  1. ظ dibaca Zho’

  1. ع dibaca A’in

  1. غ dibaca Gho’in

  1. ف dibaca Fa’

  1. ق dibaca Qof

  1. ك dibaca Kaf

  1. ل dibaca La

  1. م dibaca Ma

  1. ن dibaca Nun

  1. هـ dibaca Ha’

  1. و dibaca Wa

  1. ي dibaca Ya

  1. ء Hamzah dibaca ‘A

  1. لا Lam-alif dibaca La

Cara Mengajarkan Anak Bacaan Iqra

Bunda dapat mengajarkan huruf hijaiyah mulai dari Iqra 1. Melansir dari berbagai sumber, berikut caranya:

  1. Membuat Suasana Nyaman

Sebelum mengajarkan bacaan Iqra ke anak, Bunda perlu membuat suasana nyaman ya. Bunda dapat mendekorasi tempat mengaji dengan furnitur menarik. Cara ini dilakukan agar anak tak gampang bosan.

Bagi anak yang masih kecil, Bunda perlu memastikan mood anak sedang baik ya. Jangan sampai memaksa anak belajar bacaan Iqra saat sedang tantrum atau mengantuk.

  1. Mengenalkan Huruf Dengan Cara Menyenangkan

Bunda bisa mengenalkan bacaan Iqra melalui buku seperti yang kita gunakan dulu. Tapi, Bunda juga dapat berkreasi agar membaca Iqra bisa menjadi menyenangkan.

Saat ini, sudah banyak aplikasi Iqra untuk diunduh di gadget. Aplikasi Iqra umumnya berisi konten yang menyenangkan dan dapat mencuri perhatian Si Kecil.

  1. Mengulang Huruf Hijaiyah Saat Belajar Iqra

Bunda dapat mengajarkan bacaan Iqra ke anak sampai dia benar-benar lancar atau hafal. Caranya dengan mengulang huruf-huruf di halaman yang sama sampai anak paham.

 

  1. Belajar Sambil Bercerita

Di sela-sela belajar Iqra, Bunda bisa mendongeng nih. Coba ceritakan kisah Nabi atau keutamaan membaca Al-Qur’an.

Saat anak mengetahui manfaatnya, mereka bisa lebih bersemangat untuk membaca Iqra, Bunda. Mereka pun merasa termotivasi untuk segera naik kelas membaca A’-Qur’an.

  1. Belajar Iqra Bersama Teman

Belajar Iqra bersama teman dapat menjadi solusi mengenalkan huruf hijaiyah dan tanda bacanya sejak dini. Selain mengajak teman anak mengaji di rumah, Bunda bisa mendaftarkan Si Kecil ke Taman Pengajian Anak (TPA).

Nah, meski anak sudah dilepas ikut TPA, Bunda tetap perlu memantaunya ya. Kita dapat melakukan evaluasi di rumah dengan melihat kemajuan anak membaca huruf-huruf hijaiyah di Iqra. [ ]

Sumber: haibunda.com

5

Redaksi: admin

830

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini