Usia Berapa Anak Mulai Boleh Diberi Mi Instan? Ini Penjelasan Dokter

0
329

PARENTINGISLAM.ID – – Banyak Bunda seringkali khawatir bila anaknya mulai suka makan mi instan nih. Makanan yang tergolong junk food ini dianggap tidak bernutrisi untuk Si Kecil.

Lalu benarkan mi instan aman untuk anak-anak? Kalau boleh diberikan, sebaiknya pada usia berapa ya, Bunda?

Dokter Spesialis Anak, dr. Yoga Devaera, SpA (K) mengatakan, mi instan mengandung karbohidrat dan lemak. Selain dua makronutrien tersebut, mi instan juga memiliki kandungan garam yang tinggi.

“Bunda bisa melihat mi instan, di setiap kemasan akan ada bacaan berapa kalori dan garam. Nanti kalau lihat kandungan garamnya bisa terkejut,” kata Yoga dikutip dari  haibunda.com

Sebagai perbandingan, kebutuhan kalori dewasa adalah 2.000 kalori per hari. Sedangkan kebutuhan garam adalah 2 gram.

Pada anak-anak, kebutuhan kalori dan garam ini jauh lebih kecil, Bunda. Yoga menjelaskan bahwa kandungan garam di mi instan cukup tinggi untuk dikonsumsi anak-anak.

“Kalau lihat dengan jeli, garam mi instan itu 40 sampai 50 persen kebutuhan harian,” ujar Yoga.

“Artinya, yang akan menjadi masalah utama adalah garamnya. Ini ada di bumbu dan mi-nya. Musuh utama bukan bentuk mi instan, tapi garam yang terlalu tinggi ini,” sambungnya.

Bila ingin memberikan anak mi instan, Bunda perlu menambahkan asupan protein nih. Jangan lupa untuk mengurangi porsi bumbu, terutama pada anak yang sudah kecanduan mi instan.

Penyesuaian bumbu perlu dilakukan agar anak terbiasa menerima rasa. Kita masih bisa mengubah selera makan Si Kecil dengan cara ini, Bunda.

“Salah satu upaya kalau anak sudah suka makanan ini, kurangi porsi bumbu sedikit demi sedikit sehingga dia terbiasa dengan rasanya. Kita masih bisa mengubah selera asalkan tidak drastis. Contohnya, 1 mi instan kurangi 1/4 bumbu, jadi hanya pakai 3/4 saja. Nanti kurangi lagi jadi setengah, sampai akhirnya rasa mi instan ini enggak terlalu beda dengan rasa mi kalau kita bikin sendiri,” ujar Yoga.

Mi instan produk dewasa sudah bisa dikenalkan ke anak sejak dia mampu mengunyah tekstur makanan ini. Untuk awal, anak sudah bisa diberikan dengan tekstur mi instan yang dimasak sampai lembek.

Pada anak di atas usia 1 tahun sudah bisa diberikan tekstur normal mi instan, Bunda. Tapi, tetap perhatikan bumbu mi instan yang diberikan ya.

“Kalau mi instan ini dilihat teksturnya ya. Misalnya, mi telur, pasta, bihun, atau tekstur ini sudah bisa diberikan ketika anak mampu mengunyah dan dibuat sedikit lembek, itu sudah bisa dari sebelum 1 tahun,” ungkap Yoga.

“Di atas 1 tahun, anak relatif sudah bisa makan dengan tekstur mi normal. Tapi harus diperhatikan garamnya lagi. Mi instan ini juga hanya sebagai sumber karbohidrat, jadi harus ada tambahan sumber proteinnya.”

Alih-alih memberikan mi instan dewasa, Bunda bisa lho menggantikannya dengan produk mi instan khusus anak. Mi instan ini memiliki bentuk yang sama namun rasa sedikit berbeda dengan mi instan dewasa. Paling penting, produk ini aman karena telah diregulasi sebagai makanan anak-anak. [ ]

5

Redaksi: admin

836