Keutamaan Puasa Bulan Syaban, Sampaikan Ini Bunda Agar Anak Semangat Ibadah

0
252

PARENTINGISLAM.ID – –  Komite Fatwa Akademi Riset Islam di Al-Azhar Mesir menjelaskan, bulan Syaban adalah awal yang baik untuk mengawali ibadah puasa sebelum bulan Ramadhan. Melakukan ibadah puasa di bulan Syaban itu seperti melakukan sholat sunnah qobliyah sebelum sholat wajib.

Puasa di bulan Syaban merupakan bentuk persiapan jiwa untuk melakukan ibadah puasa yang wajib bagi setiap Muslim. Karena itu pula, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam sering berpuasa selama bulan Syaban.

Dari Aisyah Radlillahu Anha, dia berkata, “Dahulu Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam terus berpuasa sampai-sampai kami katakan beliau tidak berbuka. Aku tidak pernah melihat Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan. Dan aku tidak pernah melihat bulan yang beliau berpuasa padanya yang lebih banyak dari Ramadhan kecuali bulan Syaban.” (HR Bukhari dan Muslim)

Itu menjadi bukti bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam lebih memilih bulan Syaban untuk berpuasa daripada bulan yang lain. Demikian pula para generasi salaf yang selalu berusaha keras dalam beribadah.

Abu Bakar al-Balkhi berkata, “Bulan Rajab adalah bulan menabur, bulan Syaban adalah bulan mengairi tanaman. Dan bulan Ramadhan adalah bulan memanen hasil bumi.”

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam juga telah menyampaikan, bulan Syaban adalah bulan di mana amal kebaikan diangkat kepada Allah Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam. Di bulan inilah terdapat hikmah seperti sabda Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam berikut ini:

Dari Usamah bin Zaid, dia berkisah, “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihat engkau berpuasa di bulan Syaban sebagaimana puasa di bulan-bulan lainnya? Kemudian Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda, “Bulan Syaban merupakan bulan di mana manusia melalaikannya antara bulan Rajab dan Ramadhan. Padahal Syaban adalah bulan diangkatnya amalan kebajikan kepada Rabb semesta alam. Aku cinta amalanku diangkat dalam keadaan aku berpuasa.'” (HR. An-Nasai dan Abu Dawud)

Untuk itu hendak kita bisa memanfaatkan dan memaksimalkan ibadah di bulan Sya’ban ini khususnya ibadah shaum sunnah. [ ]

Sumber: ihram.co.id

5

Redaksi: admin

953