Makanan Yang Bisa Bikin Gigi Anak Rusak, Yuk Batasi 4 Makanan Ini Bunda

0
598

PARENTINGISLAM.ID – – Untuk menjaga kesehatan Si Kecil, Bunda tentu sangat memperhatikan asupan makanan dan juga aktivitas yang membuatnya selalu fit dan gugar. Namun, ada satu lagi nih, hal yang tak boleh terlupakan yaitu kesehatan mulut.

Kesehatan gigi dan gusi membutuhkan perawatan dan perhatian yang sama dengan bagian tubuh yang lainnya, Bunda. Pemeriksaan rutin ke dokter gigi juga sangat penting untuk memastikan kesehatan gigi Si Kecil.

Selain kurangnya kebersihan, mungkin karena tidak rutin menggosok gigi, kerusakan gigi juga bisa disebabkan pilihan makanan Si Kecil lho. Terlalu banyak melahap suatu makanan bisa membahayakan gusi dan giginya.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang perlu Bunda kurangi karena berpotensi merusak gigi Si Kecil. Simak berikut ini, ya Bunda.

Makanan yang dapat merusak gigi anak

Tahukah Bunda? Kerusakan gigi Si Kecil disebabkan oleh beberapa makanan tertentu yang menempel gigi. Oleh karena itu, Bunda perlu menghindari atau mengurangi menyajikan beberapa makanan di bawah ini:

  1. Makanan Manis Dan Lengket

Melansir dari laman E Times, permen termasuk salah satu makanan yang berpotensi merusak gigi. Baik itu permen, atau mungkin manisan, makanan apa pun yang menempel di gigi tidak baik untuk kesehatan gigi karena dapat menjadi sarang bakteri.

Selain makanan lengket yang manis, makanan lengket yang asam juga sangat berbahaya bagi kesehatan gigi karena mengandung asam yang dapat mengikis gigi.

  1. Buah Jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C yang bergizi, yang penting untuk kesehatan gusi. Namun, buah jeruk yang sangat asam juga termasuk salah satu musuh email gigi.

“Asam dari buah jeruk dapat mengikis email gigi, membuat gigi anak Anda lebih lemah dan lebih rentan terhadap gigi berlubang,” kata Bryan Lazarus, seorang dokter gigi di Highview Dental di Aurora, Ontario, dikutip dari Today’s Parent.

  1. Popcorn

Sebagai camilan, mungkin popcorn adalah pilihan makanan yang sangat sehat. Popcorn terbuat dari jagung gandum, tinggi serat, dan mengandung antioksidan yang bermanfaat. Namun, popcorn bisa menjadi masalah yang mengejutkan untuk gigi Si Kecil.

Popcorn yang terjebak di bawah lapisan gusi dapat menyebabkan infeksi pada gusi. Menyikat gigi setelah makan popcorn sangat dianjurkan karena dapat membantu menyingkirkan fragmen kernel yang tersangkut.

  1. Keripik Kentang

Keripik kentang dan kerupuk lainnya mengandung sejumlah besar pati yang diubah menjadi gula dan dapat merusak gigi. Selain itu, makanan ini juga cenderung tersangkut di antara gigi dan bakteri yang ada di plak gigi.

Semakin lama keripik ini menempel pada gigi, semakin banyak waktu bakteri untuk memakannya dan semakin tinggi juga kemungkinan gigi berlubang. Pastikan Bunda membuat anak-anak menyikat giginya dengan benar sehingga sisa-sisa makanan dapat dihilangkan.

Simak juga tips mengajari anak membuat pilihan makanan sehat yang dapat mengurangi kerusakan gigi ya Bunda. [ ]

Sumber: haibunda.com

5

Redaksi: admin

900