Doa Untuk Ibu Yang Sedang Sakit, Ajarkan Ini Pada Anak

0
516
PARENTINGISLAM.ID – – Melihat atau mendengar Bunda yang sedang sakit, perasaan sedih dan juga khawatir langsung datang menyelimuti hati anak. Bagaimana tidak? Setiap harinya, Bunda yang selalu merawat anak agar tidak sakit dan tentu perasaan itu muncul ketika malah Bunda yang jatuh sakit.
Pada saat inilah, peran anak sangat dibutuhkan untuk membantu kesembuhan Bunda. Tidak hanya melalui tindakan kasih sayang saja yang bisa dilakukan, melainkan untaian doa bisa menjadi obat paling dahsyat untuk kesembuhan Bunda.
Lalu apa saja ya doanya? Seperti dikutip dari Popmama.com berikut doa untuk ibu yang sedang sakit. Yuk, simak!
 
  1. Doa Untuk Orangtua Yang Sedang Sakit Agar Cepat Sembuh
Adapun doa baik yang bisa dipanjatkan untuk kesembuhannya, selain hanya dengan membantu kontrol ke rumah sakit, mengatur pola makannya hingga mengingatkan obat yang perlu diminum. Berikut bunyi doanya:
اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا
Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.
Artinya,
 
“Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”
  1. Jika Orangtua Sedang Sakit Parah, Begini Doanya
Jika Bunda sedang dalam kondisi penyakit yang parah, anak dianjurkan untuk bisa lebih rajin beribadah dan memanjatkan doa berikut ini di setiap salat. Adapun bunyi doanya sebagai berikut:
اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى
Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli.
 
Artinya,
 
“Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.”
 
 
  1. Langkah-Langkah Berdoa Demi Kesembuhan Orangtua Yang Sedang Sakit
Agar doa yang dipanjatkan bisa semakin berkah, ada langkah-langkah yang harus dilakukan ketika berdoa di antaranya:
Pertama, mulailah doa dengan memuji Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena hanya kepada-Nya, kita meminta pertolongan termasuk kesembuhan orangtua.
Selanjutnya, lantunkan selawat kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam. Langkah ketiga adalah dengan meminta ampunan kepada Allah Ta’ala atas segala kesalahan yang kita perbuat.
Terakhir, sampaikan segala kesusahan beserta perbuatan mulia yang pernah orangtua kita perbuat. Dan, langkah terakhir panjatkan doa-doamu untuk kedua orangtua dan mintalah kesembuhannya.
  1. Selain Berdoa, Ada Beberapa Amalan Yang Bisa Dilakukan Untuk Meringankan Beban Orangtua Yang Sakit
 
Setelah mendoakan kesembuhan Bunda, ada banyak sekali amalan baik yang bisa dilakukan. Agar orangtuamu bisa fokus istirahat dan cepat memulihkan diri. Amalan-amalan itu di antaranya:
  • Menjaga tutur kata kita ketika berbicara kepadanya.
  • Tidak boleh lupa untuk membantu berbagai pekerjaan rumah untuk meringankan bebannya.
  • Terakhir, harus bisa bersikap sabar ketika mengurusnya.
Mungkin, beberapa amalan itu terkesan sederhana, tetapi ternyata sangat berarti untuk membantu orangtua yang sedang sakit lho!

 

Nah, itulah tadi kumpulan doa, amalan dan langkah-langkah berdoa yang bisa dilakukan ketika ibu sedang sakit Bunda bisa ajarkan doa-doa ini pada anak ya dan untuk Bunda yang sedang sakit, semoga segera diangkat penyakitnya! Aamiin. [ ]

5

Redaksi: admin

903