Agar Rumah Tangga Bahagia, Jangan Lupa Amalkan 7 Doa Ini

0
53
Keluarga
PARENTINGISLAM.ID – – Setelah menikah dan menjalani bahtera rumah tangga, tentulah semua pasangan menginginkan rumah tangganya dapat berjalan dengan harmonis dan bahagia.

 

Rumah tangga yang bahagia tentu tidak dapat terjadi tanpa adanya proses dan pembelajaran dari masing-masing pasangan. Oleh karena itu, dibutuhkan komunikasi yang baik antar pasangan untuk menyamakan persepsi dalam membangun rumah tangga.

 

Selain dengan komunikasi yang baik, Ayah dan Bunda juga disarankan untuk berdoa sesuai dengan tuntunan agama Islam. Lantas, apa saja doa-doa yang harus diucapkan untuk membangun rumah tangga yang bahagia?

 

Dikutip dari  Popmama.com berikut ini 7 doa agar rumah tangga bahagia
 
  1. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Agar Mudah Mendapatkan Rezeki
Tak dapat dipungkiri, menikah dan memiliki anak pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kamu meminta kepada Tuhan agar rumah tanggamu diberikan kemudahan mendapatkan rezeki. Berikut doa pendeknya:

 

“Allahumma robbanaa anzil alaina maaidatamminassamaaa’i takuunu lana iidalli’aqolina wa’akhirina wa’ayatamminka wa’urzukna wa’anta khoirurroziqin,”
Artinya:
 
“Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama.” – (QS. Al-Ma’idah: 114)

 

  1. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Untuk Melembutkan Hati Pasangan Maupun Mertua
Memenangkan hati pasangan dan mertua memang menjadi dambaan semua orang. Namun bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam hal tersebut tak perlu khawatir, kamu masih bisa mengusahakannya lewat doa yang kamu ucapkan seusai salat. Berikut doa pendeknya:
 
“Maa anzalnaa alaikal qur’aana litastqoo. Illa nadzkiratalliman yakhsyaa. Tanziilammimman kholakol ‘ardho wassamaawaatil ‘uula. Arrohmaanu ‘alaa ul ‘arsyi ‘ustawaa,”
Artinya:
“Tiada Kami (Allah) turunkan kepadamu Al-Qur’an ini supaya engkau celaka (menyusahkan engkau)! Melainkan untuk menjadi peringatan bagi orang yang takut. (Al-Qur’an) yang diturunkan daripada Tuhan, yang menciptakan bumi dan beberapa langit yang tinggi. Tuhan yang pengasih, di atas singgasana Dia bersemaya (berkuasa). Dia mempunyai apa yang ada di langit, dan di bumi, serta di antara keduanya dan apa yang ada di bawah tanah.” – (QS. Thaha: 2-5)
 
  1. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Agar Terbebas Dari Niat Jahat Manusia
Namanya juga hidup, pasti akan ada orang yang tidak menyukai kita. Tak perlu takut atau justru membalasnya dengan kejahatan, kamu bisa meminta bantuan Tuhan melalui doa pendek. Berikut doa pendeknya:
“Man’jaa’a bil hasanati falahuu khoirumminha wa man’jaa’a bissay’aatii fala yuj’zaallaziina ‘amilussayi’aati illa maa kaanu ya’malun,”
Artinya:
 “Sesiapa yang datang membawa amal baik (pada hari akhirat) maka baginya balasan yang lebih baik dari padanya; dan sesiapa yang datang membawa amal jahat, maka mereka yang melakukan kejahatan tidak dibalas melainkan dengan apa yang mereka kerjakan.” – (QS. Al-Qasas: 84)

  1. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Di Dunia Dan Di Akhirat
Setiap pasangan tentu ingin rumah tangganya dapat bahagia di dunia maupun di akhirat. Berikut doa agar rumah tangga harmonis dalam surat Al-Kahfii ayat 10:
 
“Robbanaa aatinaa milladunka rohmatan wahayyi’ lanaa min ‘amrinaa rosyada,”
Artinya:
“Wahai Tuhan kami, karuniakan lah kami rahmat dari sisi-Mu, dan beri lah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.” – (QS. Al-Kahfii: 10)
  1. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Agar Diberikan Ketaqwaan
Doa rumah tangga agar harmonis lainnya terdapat dalam surat Al-Furqan ayat 74. Harapannya, pasangan yang memanjatkan doa bisa meningkatkan ketaqwaan para anggota keluarga. Berikut doa pendeknya:
“Robbanna hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrota a’yun, waajalnaa lilmuttaqiina imaama,”
Artinya:
“Ya Tuhan kami, anugerahkan lah kepada kami, istri-istri kami, dan keturunan kami sebagai kebahagiaan hati (kami) dan jadikan lah kami imam bagi orang-orang (anggota keluarga) yang bertaqwa.” – (QS. Al-Furqan: 74)

 

  1. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Agar Ditingkatkan Kasih Sayang
Rasa kasih sayang yang terus tumbuh dapat membuat rumah tangga seseorang harmonis. Berikut doa dalam surat Taha ayat 39:
“Wa’alqaitu alaika mahabbatamminnii walitushna’a alaa ainii,”
Artinya:
Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku.” – (QS. Taha: 39)

 

  1. Doa Kebahagiaan Rumah Tangga Agar Dipermudah Segala Rencana Hidup
Terakhir adalah doa kebahagiaan rumah tangga agar dipermudah segala rencana hidup. Tak hanya berusaha, untuk memudahkan segala rencana hidup yang telah dirancang bersama pasangan, kalian juga perlu memanjatkan doa. Berikut doa pendeknya:
“Robbanaa aatinaa milladunka rohmatan wahayyi’ lanaa min ‘amrinaa rosyada,”
Artinya:
Wahai Tuhan kami, karuniakanlah kami rahmat dari sisi-Mu dan berilah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.” – (QS. Al-Kahfi: 10)
Nah, itulah ketujuh doa agar rumah tangga bahagia di dunia maupun di akhirat. Semoga bermanfaat! [ ]

5

Redaksi: admin

830

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini