Pentingnya Asam Amino Esensial Anak Untuk Tumbuh Kembang yang Optimal

0
520
ilutrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – – Tahukah Bunda apa itu asam amino esensial? Ini merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh anak di masa tumbuh kembangnya. Jika Bunda ingin membantu tumbuh kembang Si Kecil lebih optimal, terutama di usia dini, penting sekali untuk mencukupi kebutuhan asam amino si buah hati. Supaya Moms semakin yakin untuk memenuhi kebutuhan asam amino Si Kecil, pahami pentingnya serta manfaat yang diberikan oleh nutrisi yang satu ini.

 

Pentingnya Asam Amino Esensial untuk Anak

 

Mengapa asam amino esensial penting untuk tumbuh kembang anak? Dalam jurnal yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information, dikatakan bahwa tubuh membutuhkan dua puluh asam amino esensial yang berbeda untuk membentuk protein.

 

Tentu Bunda kalau protein sangat penting untuk pembentukan sel, jaringan, hormon, dan otot Si Kecil. Protein juga mempengaruhi fungsi neurotransmitter yang melibatkan pengaturan beberapa sistem dalam tubuh, mulai dari energi, suasana hati, tidur, emosi, memori, dan nafsu makan anak.

 

Kekurangan asam amino pada Si Kecil berarti membuat pembentukan protein dalam tubuhnya tidak maksimal. Anak jadi jadi mudah lemas, sering cranky, susah tidur, dan malas makan. Kondisi ini akan berujung pada tumbuh kembangnya yang tidak sempurna.

 

Tubuh anak memang memiliki kemampuan untuk menghasilkan beberapa asam amino esensial, tetapi tidak semuanya. Ada sembilan asam amino esensial, yaitu,

 

  • Histidin, membantu perbaikan dan pertumbuhan jaringan tubuh
  • Isoleusin, memproduksi hemoglobin dan membawa oksigen ke seluruh tubuh
  • Leusin, membantu mempercepat proses penyembuhan kulit dan tulang yang luka
  • Lisin, membantu penyerapan kalsium dalam tubuh
  • Metionin, membantu membuang atau menetralkan racun di tubuh
  • Fenilalanin, membantu produksi hormon dopamin yang meningkatkan kadar bahagia dalam otak
  • Treonin, membantu produksi elastin dan kolagen yang menjaga kulit tetap cerah dan sehat.
  • Triptofan, memproduksi melatonin, hormon yang membantu mengontrol siklus tidur, nafsu makan, dan suasana hati
  • Valin, membantu merangsang pertumbuhan dan regenerasi otot

Kebutuhan sembilan asam amino esensial tersebut bisa Moms cukupi dari daging, makanan laut, unggas, telur, dan juga susu.

 

Untuk anak-anak, pilih susu formula yang dilengkapi dengan formula aktif AAE dan nutrisi penunjang lainnya, seperti Omega-3, Omega-6, kalsium, magnesium, hingga vitamin lainnya.

 

Manfaat Asam Amino Esensial untuk Anak

 

Setelah tahu pentingnya asam amino esensial untuk tumbuh kembang optimal Si Kecil, Bunda juga harus tahu aneka manfaat dari nutrisi yang satu ini. Setelah mengetahuinya, dijamin Bunda tidak akan ragu lagi untuk memenuhi kebutuhan asam amino esensial anak untuk pembentukan tubuh yang maksimal, baik dari dalam dan luar.

 

  1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Di usia dini, imunitas Si Kecil masih sangat rentan. Selain dari luar, Bunda juga perlu memberikan perlindungan dari dalam untuk memaksimalkan kekebalan tubuh anak dengan asupan asam amino esensial.

 

Dilansir dari The Journal of Nutrition, asam amino esensial digunakan sebagai bahan bakar oleh sistem kekebalan baik secara langsung, atau mengikuti konversi mereka menjadi asam amino lain, seperti glutamin atau glukosa. Pemenuhan kecukupan asam amino esensial dalam tubuh akan membantu anak lebih kebal dan tidak mudah sakit.

 

  1. Membantu Perkembangan Otot Anak

Asam amino esensial juga bermanfaat membantu mempercepat pembentukan protein dalam tubuh anak. Hasilnya, protein bekerja untuk meningkatkan perkembangan otot tubuh Si Kecil, mulai dari otot tangan, kaki, perut, dan otot lainnya. Namun, Bunda tidak hanya butuh asam amino esensial tapi juga tambahan nutrisi lainnya, seperti karbohidrat, vitamin D, dan juga kalsium.

 

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Asam amino esensial leusin bisa membantu mempercepat proses penyembuhan kulit dan tulang anak yang terluka. Fakta tersebut dikutip dari jurnal Pusat Medis Universitas Rochester. Diungkapn juga bahwa asam amino esensial ini dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan manusia (HGH) dan membantu mengontrol gula darah Si Kecil.

 

  1. Optimalkan Pertumbuhan dan Cegah Stunting

Malnutrisi dan stunting banyak terjadi di dunia, termasuk di Indonesia, yang disebabkan oleh kurangnya asupan asam amino esensial pada anak sejak usia dini.

 

Asam amino esensial yang paling dibutuhkan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi anak adalah lisin. Asam amino esensial lisin memiliki peran penting dalam sintesis protein dan penyerapan kalsium dalam tubuh Si Kecil.

 

Bagi anak-anak usia balita, penyerapan kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang yang optimal dan mencegah stunting. Jadi, jangan sampai Si Kecil kekurangan asam amino esensial yang satu ini.

 

  1. Menjaga Kulit Anak Tetap Sehat

Anak yang sehat dengan tumbuh kembang optimal terlihat dari kulit tubuhnya yang bersih dan terawat. Bunda bisa mendapatkan itu semua dari asam amino esensial treonin yang merupakan komponen pentin dalam kulit dan jaringan ikat.

 

Asam amino esensial ini bermanfaat membantu produksi kolagen dan elastin yang membantu untuk menjaga kulit Si Kecil cerah, sehat, dan kencang. Bunda bisa dapatkan dari asupan makanan seperti daging sapi tanpa lemak, tahu, kacang mete, almond, dan juga kacang kedelai.

 

 

  1. Membantu Mengobati Eksim

Dikutip dari Stanford Children’s Health, histidin merupakan salah satu asam amino esensial yang bisa membantu mengobati eksim yang diderita Si Kecil. Histidin digunakan tubuh untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan pembuatan sel darah.

 

Efeknya akan membantu melindungi sel saraf yang kemudian dipakai tubuh untuk membuat histamin. Asupan tambahan yang mengandung asam amino esensial histidin dapat membantu mengobati eksim.

 

  1. Bantu Seimbangkan Nafsu Makan dan Siklus Tidur Anak

Si Kecil susah makan dan jam tidurnya berantakan? Selain Bunda latih dengan mengatur jadwal harian yang rutin, bantu juga dengam pemberian asam amino esensial.

 

Triptofan adalah asam amino esensial yang penting untuk memproduksi serotonin dalam tubuh. Dilansir dari Medical News Today, serotonin digunakan tubuh anak untuk memproduksi melatonin, yaitu hormon yang membantu mengontrol siklus tidur, nafsu makan, dan suasana hati Si Kecil. [ ]

 

Sumber: orami.co.id

5

Redaksi: admin

924