Doa Terbaik untuk Anak, Jangan Lupa Doakan 5 Hal Ini Ayah Bunda

0
219
PARENTINGISLAM.ID – – Salah satu kewajiban orang tua adalah menjadikan anak-anaknya generasai yang shalih shalihah. Untuk itu orangtua harus berusaha dengan kerasa dan cerdas agar anak-anaknya menjadi generasi qurota ayun bagi keduanya.
Selain usaha secara fisik tentu yang tidak kalah pentingnya adalah dengan ikhtiar berdoa memohon kepada Allah Ta’ala agar diberikan kekuatan dan kelembutan hati. Inilah salah satu makna kekuatan spiritual bahwa Allah Ta’ala sejatinya yang menjadikan ia anak-anak yang sholeh.
Rasulullah shalallahu alaihi wassalam telah mengajarkan umatnya untuk selalu mendoakan anak-anaknya agar dapat tumbuh menjadi orang yang baik, beriman, cerdas dan selamat di dunia dan akhirat.
Tujuannya doa untuk anak tersebut tidak lain agar anak-anaknya mendapatkan ridho Allah Ta’ala. Berikut ini doa untuk anak yang bisa dipanjatkan oleh orang tua.
 
  1. Doa untuk Anak agar Rajin Beribadah
 
رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ
 
“Rabbij’alni Muqimaṣ-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.
 “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS Ibrahim: 40).
Doa ini adalah doa yang dipanjatkan oleh nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT agar beliau dan anak cucu-nya mengerjakan amalan shaleh dan sholat dengan sebaik-baiknya.
 
  1. Doa untuk Anak agar Beriman dan Bertakwa
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا….

 

“ rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.”
 “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa,’” (QS Al-Furqan: 74).
Selain mengajarkan anak untuk beribadah, hal yang utama adalah mengajarkan anak agar beriman dan bertakwa Allah SWT.
Dengan memanjatkan doa untuk anak ini, orang tua memohon kepada Allah SWT agar keturunannya menjadi orang yang bertakwa.
  1. Doa untuk Anak agar Pintar dan Cerdas
“Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.”
Artinya: “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”
“Allahummaj’alhu Shohììhan Kaamìlan, Wa ‘Aqìlan Haadzìqon, Wa ‘Aalìman ‘Amìlan.
Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anakku, anak yang sehat sempurna, memilki akal yang cerdas, dan memilki ilmu, dan suka beramal.”
Kedua doa untuk anak ini bisa dipanjatkan kapan pun,karena tidak ada seorang pun yang tahu kapan sebuah doa dikabulkan.
Sebagai orang tua yang bertanggung jawab, doa ini menjadi tumpuan harapan bagi kebaikan penerusnya kelak.
 
  1. Doa untuk Anak Agar Berbakti pada Orang Tua
“Allahumma Barìklìy Fìì Awladìy, Wa La Tadhurruhum, Wa Waf Fìqhum Lì Tho’atìk, War Zuqnìy Bìrrohum.
Artinya: ”Ya Allah limpahkanlah barokah kepadaku dan anak-anakku, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, limpahkanlah kepada mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah kepadaku rejeki berupa bakti mereka.”
Banyak cara bakti anak kepada orang tua, dan hal itu tidak bisa ditentukan. Oleh karena itu, amalan utama orang tua adalah berdoa untuk anak agar jadi anak yang berbakti terutama dalam hal yang berkaitan dengan masalah keagamaan dan akhirat.
  1. Doa Untuk Memohon Anak yang Baik
رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ…..
“….Robbìy hablìy mìl ladunka dzurrìyyatan thoyyìbatan ìnnaka samì’ud du’a.
 “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS Ali Imran: 38).
Doa ini merupakan doa yang dipanjatkan oleh nabi Zakaria AS agar beliau dikaruniakan seorang anak yang baik.
Selain meminta anak yang baik, mohonkan juga agar anak selalu diberikan kebaikan dan keberkahan dalam hidupnya.
“Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.
Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”
Jadi ayah bunda yuk jangan lupa berdoa untuk kebaikan Ananda. Ingat, meski sedang marah atau kesal kepada anak, maka orangtua tidak boleh mendoakan yang buruk. Doakan yang baik yang dapat taat kepada Allah Ta’ala dan berbakti kepada orangtua. Selamat mencoba. [ ]

5

Redaksi: admin

830

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini