Ciri Keluarga Sakinah Yang Perlu Dipahami Suami Istri

0
161
Keluarga
PARENTINGISLAM.ID – – Setiap keluarga muslim pasti merindukan keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Sebab,  Islam menjadikan keluarga sebagai tempat untuk menjaga dari yaitu menciptakan ketentraman dan keselamatan dari segala bentuk kejahatan yang ditimbulkan oleh orang lain, sehingga keluarga harus dijadikan tempat tinggal yang penuh dengan kebahagiaan agar seluruh anggota keluarga betah di rumah dan selalu merindukan. Hal ini juga ditegaskan Allah Ta’ala dalam Al Quran,
(21)…………وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang…” (QS. Ar-Ruum 21).
.
Merujuk pada ayat di atas, salah satu tujuan pernikahan dalam Islam adalah untuk mewujudkan keluarga sakinah. Sederhananya keluarga sakinah merupakan keluarga yang di dalamnya terdapat ketentraman, kedamaian, dan ketenangan. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka pasangan suami istri harus bisa membagi peran dengan baik dalam sebuah keluarga.
.
Seorang suami memiliki kemampuan lebih dibanding dengan kemampuan yang dimiliki kaum perempuan atau istri. Kemampuan yang dimaksud mencakup kemampuan secara fisik maupun psikis. Dengan kemampuan tersebut diharapkan seorang suami dapat membimbing dan mengarahkan keluarganya sesuai dengan tuntunan agama.
.
Selain itu, seorang suami memang sudah selayaknya dijadikan sebagai pimpinan, sebab seorang suami yang berkewajiban untuk menafkahi seluruh keluarganya. Menafkahi keluarga bukanlah sesuatu yang mudah, bahkan untuk memenuhi tanggung jawab tersebut, tidak jarang seorang suami mempertaruhkan jiwanya, maka untuk itu suami berhak untuk dihormati oleh seluruh keluarga termasuk istrinya.
Ciri-ciri keluarga Sakinah mawadah dan penuh rahmah bisa disebutkan sebagai berikut.
Pertama, Menurut hadist Rasulullah saw, pilar keluarga sakinah itu ada empat, yaitu a) memiliki kecenderungan kepada agama, b). yang muda menghormati yang tua dan yang tua menyayangi yang muda, c). sederhana dalam belanja, santun dalam bergaul, dan d) selalu instropeksi diri.
Dalam hadist juga disebutkan bahwa 4 hal yang akan menjadi faktor yang mendatangkan kebahagiaan keluarga yakni: suami/istri yang setia, anak-anak yang berbakti, lingkungan sosial yang sehat, dan dekat rizkinya.
Kedua, hubungan suami istri harus ada dasar saling membutuhkan, sebagaimana firman Allah Swt dalam surat Al Baqarah: 187 yang artinya
“Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka.”
Ketiga, Suami istri dalam bergaul memperhatikan hal-hal yang secara sosial dianggap patut (ma’ruf), tidak asal benar dan hak, sebagaimana firman Allah dalam surah Annisa: 19 yang artinya,
dan bergaullah dengan mereka secara patut.”
Keempat, Suami istri secara tulus dan ikhlas menjalankan kewajiban masing-masing dengan didasari keyakinan bahwa menjalankan kewajiban itu merupakan perintah Allah Ta’ala.
Kelima, semua  anggota keluarga beriman dan bertaqwa kepada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya. Dengan demikian hukum-hukum Allah Swt terimplementasi dalam pergaulan rumah tangganya.
Keenam, Rizkinya selalu bersih dari yang diharamkan Allah Ta’ala.
Ketujuh, Anggota keluarganya selalu ridlo dengan anugerah Allah Ta’ala yang diberikan kepada mereka. Jika diberi lebih mereka bersyukur, dan berbagi dengan fakir miskin. Jika kekurangan mereka sabar dan terus berikhtiar. [ ]

 

5

Redaksi: admin

930

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini