Keutamaan Doa untuk Anak dari Ibu, Ini 2 Hal Alasannya

0
214
PARENTINGISLAM.ID – –  Kedekatan seorang ibu dengan anaknya tak dapat diungkapkan dengan kata-kata maupun syair puisi yang indah. Untuk itu kiranya seorang ibu senantiasa mendoakan kebaikan kepada anak-anaknya. Doa untuk anak tersebut sebaiknya harus dibacakan berulang kali oleh kedua orang tua, terutama oleh ibu.
Sebab, ibu memiliki keutamaan yang lebih dalam hal pengasuhan anak. Oleh karena itu, doa seorang ibu sangat diutamakan dan akan diijabah.
Karena pentingnya posisi ibu, penelitian dari Journal of The American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa gaya eksplorasi, perkembangan sikap dan perilaku kesehatan seorang anak pun tergantung bagaimana cara didikan dari ibunya.
Mengapa bisa begitu?
  1. Ibu Telah Merawat Sejak Anak dalam Kandungan
Allah SWT memerintahkan manusia agar selalu berbuat baik kepada orang tua, khususnya ibu. Ini karena ibu telah mengandung anaknya selama 9 bulan dan telah merawatnya dengan baik hingga akhirnya bisa terlahir ke dunia dengan sehat dan selamat.
Tugasnya tidak selesai sampai di situ. Ibu masih harus memberi ASI, bahkan mendidik sampai anaknya hingga dewasa. Hal itu tentu bukan sesuatu yang mudah dan diperlukan banyak peengorbanan untuk melakukannya.
Dalam Al Quran , Allah ta’ala berfirman: “Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik terhadap dua orang ibu dan bapaknya. Ibunya mengandung dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah pula.” (QS Al-Ahfaaq: 15).
  1. Nama Seorang Ibu Disebut 3 Kali oleh Rasulullah SAW
Sebagai orang tua, ibu mempunyai keistemewaan berkali-kali lipat. Sebagaimana Rasulullah SAW pernah menyebutkan nama ibu sebanyak 3 kali, baru kemudian nama ayah.
Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra, dia berkata:
Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan bertanya: ‘Ya Rasulullah, siapakah orang yang lebih berhak untuk saya hormati?’. Rasulullah menjawab, “Ibumu,” Orang tersebut bertanya lagi: “Lalu siapa lagi?” Rasulullah menjawab, “Ibumu,”
Orang tersebut bertanya lagi, “Setelah itu siapa lagi?”, Rasulullah menjawab, “Ibumu,”.Orang tersebut bertanya lagi, “Kemudian siapa lagi?”. Akhirnya Rasulullah pun menjawab, “Kemudian baru ayahmu.” (HR Muslim).
Ini menunjukkan bahwa ibu mempunyai keistimewaan yang luar biasa bagi Rasulullah SAW yang merupakan seorang nabi dan Rasul yang telah dijanjikan surga padanya. Hal ini akan membuat doa untuk anaknya akan lebih mustajab di hadapan Allah.
Demikianlah penjelasan tentang doa untuk anak yang dapat dipanjatkan oleh orang tua agar anak-anaknya dapat tumbuh dengan baik, sholeh, dan menjadi seperti yang diharapkan. Hendaknya seorang ibu untuk senantiasa mendokan kepada anak-anak dengan doa yang baik dan mulia. Meski kadang sikap anak suka menjenggelkan. [ ]

 

Sumber: dalamislam.com

 

5

Redaksi: admin

820

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini