Doa Agar Anak Rajin Sholat Tanpa Diperintah, Amalkan Ini Ayah Bunda

0
48
PARENTINGISLAM.ID – – Anak merupakan karunia dari Allah yang wajib kita jaga dan kita didik. Selain karunia anak juga amanah yang harus kita berikan pendidikan terutama prndidikan Agama Islam yang baik.
Tentu jika Anak menjadi sholeh kita sebagai orang tua yang akan menuai kebaikan dan pahala dari Allah, sebaliknya jika Anak memiliki akhlak yang buruk, tentu orang tua juga akan menanggung keburukannya.
Maka dari itu sebagai orang tua, kita harus selalu memperhatikan dan selalu berdoa kepada Allah agar memiliki anak yang baik Akhlaknya.
Anak
Anak adalah harta yang sangat berharga bagi orangtuanya karena bisa menjadi penerusnya dalam kehidupan di dunia kemudian bisa menjadi aset untuk kedua orangtuanya ketika sudah meninggal. Hal tersebut dikarenakan anak yang sholeh menjadi salah satu bentuk amalan orangtua yang pahalanya akan terus mengalir. Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam bersabda :
إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
“Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 perkara, yaitu shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang berdoa baginya.”
Tentunya sudah dijelaskan dari hadist di atas bahwa pahalanya orangtua tidak akan terputus dari doanya anak sholeh yang mendoakannya ketika orangtuanya sudah meninggal. Oleh karena itu, sebagai orangtua maka jadikanlah anak menjadi penuh ketakwaan kepada Allah SWT yang menjadikannya sebagai anak sholeh sehingga bermanfaat ketika nanti sudah meninggal.
Doa Untuk Anak
Sebagai orang tua maka sebaiknya kita selalu mendoakan anak-anak agar menjadi anaknya yang sholeh, beriman, dan selamat dunia akhirat. Berikut ini bacaan doa dari orangtua yang dapat dipanjatkan untuk anak-anaknya.
Doa Untuk Anak Agar Rajin Beribadah
Sebagai orangtua tentunya kita selalu mengharapkan agar anak rajin beribadah, tetapi juga jangan memfokuskan pendidikan anak secara teori dalam bidang agama saja. Menguasai bidang lainnya juga diperbolehkan asalkan sesuai dengan ajaran agama yang kita jalankan. Dengan doa orangtua maka anak bisa memiliki kepribadian yang baik dalam beribadah. Berikut ini bacaan doa untuk anak agar Rajin Beribadah:
رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ
“Rabbij’alni Muqima-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.”
Terjemahannya:
 “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim : 40).
Ketahuilah bahwa doa tersebut dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT agar anak dan cucunya tekun beribadah, salah staunya dalam mengerjakan sholat dengan sebaik-baiknya.
Doa Untuk Anak Agar Pintar
Sebagai orangtua pastinya kita juga ingin memiliki anak yang pintar, bukan? tidak hanya melalui pendidikan informal saja agar anaknya menjadi pintar tetapi juga harus melakukan pendidikan secara informal. Selain itu, juga janganlah lupa untuk berdoa kepada Allah SWT agar menjadikan anak kita pintar dalam urusan dunia maupun akhirat. Berikut ini bacaan doa untuk anak pintar.
اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ
 “Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.”
Terjemahannya:
 “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.
Doa tersebut bisa dipanjatkan ketika selesai melakukan sholat wajib dengan tujuan agar anak-anaknya menjadi orang yang penuh cahaya dengan kepandaian yang bisa menuntun dalam kebaikan baik dalam kehidupan di dunia maupun akhirat. [ ]

 

Sumber: buku “Kumpulan Doa Shahih

5

Redaksi: admin

902

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini