Meski Dianggap Sepele, Ajarkan Anak Untuk Terus Berbuat Kebaikan

0
152

Oleh: Dr Ahmad Sanusi Azmi*

 

PARENTINGISLAM.ID – – Kebaikan adalah akhlak terpuji, sedangkan dosa adalah apa yang meresahkan jiwamu dan engkau tidak suka jika diketahui manusia, demikian kutipan hadits Nabi. Sesungguhnya hati perlu dididik agar seseorang tidak jemu melakukan kebaikan.

 

Sebab sesungguhnya rahmat Allah itu sangat dekat kepada orang yang sentiasa melakukan amal kebaikan. Firman Allah:

 

إِنَّ رَحْمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ ٱلْمُحْسِنِينَ

 

“Sesungguhnya rahmat Allah itu dekat kepada orang-orang yang muhsinin.” (Surah al-A’raf: 56).

 

Perhatikan bagaimana dalam ayat ini  Allah menyebutkan bahwa rahmat Allah itu sangat dekat dengan orang muhsinin. Siapakah dia golongan muhsinin?

 

Muhsinin adalah golongan orang yang melakukan kebaikan benar-benar ikhlas karena Allah.    Dalam al-Quran, terdapat beberapa ciri golongan muhsinin di antaranya mereka adalah golongan yang gemar menyumbangkan harta di jalan Allah.

 

Firman Allah Ta’ala:

 

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

 

“Dan belanjakanlah (apa yang ada pada kamu) karena (menegakkan) ugama Allah, dan janganlah kamu sengaja mencampakkan diri kamu ke dalam bahaya kebinasaan (dengan bersikap bakhil); dan baikilah (dengan sebaik-baiknya segala usaha dan) perbuatan kamu; karena sesungguhnya Allah mengasihi orang-orang yang berbuat baik (muhsinin).” (Surah al-Baqarah: 195).

 

Begitu juga antara ciri-ciri golongan muhsinin yang disebutkan juga dalam al-Quran adalah golongan yang suka memaafkan orang lain. Firman Allah Ta’ala dalam Al Quran:

 

وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

 

“…..dan orang-orang yang menahan amarah, dan orang-orang yang memaafkan kesalahan orang. Dan (ingatlah), Allah mengasihi orang-orang yang berbuat perkara-perkara yang baik.” (Surah Ali Imran: 134)

 

Dan yang paling utama, golongan muhsinin ini adalah orang yang bertakwa yang dekat jiwanya dengan Allah. Firman Allah:

 

ثُمَّ اتَّقَوْا وَآمَنُوا ثُمَّ اتَّقَوْا وَأَحْسَنُوا وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

 

“kemudian mereka tetap bertaqwa dan berbuat kebajikan; karena Allah mengasihi orang-orang yang berusaha memperbaiki amalannya.” (Surah al-Maidah: 93)

 

Oleh karena itu,  dalam musim pandemi ini, banyak orang ditimpa kesusahan, dan musibah. Maka bantulah mereka. Jangan merasa jemu melakukan kebaikan di samping berdoa agar Allah menerima amal sholeh kita. Semoga Allah membimbing kita.[ ]

Sumber: Hidayatullah.com

5

Redaksi: admin

803

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini