Jangan Jadi Orangtua Bisu, Ini Cirinya

0
122
PARENTINGISLAM.ID – –  Sulitnya berkomunikasi dengan anak-anak apalagi jika orangtua harus bekerja diluar rumah dengan jadwal yang padat. Hal ini akan membuat anak-anak bertemu dengan ayah bundanya hanya sekilas saja. Kadang hanya saat pagi hari saat bangun tidur atau menjelang berangkat sekolah.
Padahal komunikasi dengan anak itu sangat diperlukan sebagai salah satu ciri makhluk sosial. Padahal tersendat atau terbelenggunya komunikasi dengan anak ini dapat memunculkan problem yang serius antara anak dan orangtua baik sekarang maupun dikemudian hari.
Membuat anak mau mendengarkan orang tuanya bukan perkara mudah. Apalagi ketika orang tua harus memberi tahu kalau tindakannya salah atau tidak sesuai.
Apa sebenarnya penyebab anak sulit mendengarkan orang tuanya? Bisa jadi cara penyampaian yang tidak tepat, yang membuat anak enggan mendengarkan kata-kata orang tuanya.
Maka dari itu sangat perlu bagi kita selaku orang tua belajar cara komunikasi yang baik dengan anak agar bisa didengarkan dan diperhatikan. Bagaimana orangtua bisa disebut bisu? Berikut ini tanda-tandanya:
  1. Tidak pernah ngobrol dengan anak
Ada orangtua yang jago ngobrol ketika bertemu atau berkumpul dengan teman-temannya. Saat bersama teman-temannya ia mampu ngobrol selama berjam-jam lamanya. Namun saat bersama anak orangtua justru seperti boneka yang malah pendiam. Hal ini seharusnya tidak boleh terjadi, sebab anak juga butuh teman atau lawan bicara.
 
  1. Tidak pernah bercerita kepada anak
Buku cerita adalah salah satu benda kesukaan anak, maka orangtua tidak boleh melewatkan kesempatan menjelang tidur bersama anak. Ayah Bunda bisa membacakan buku sambil menceritakan isinya. Anak anak pasti senang kita mendapat cerita yang baru
 
 
  1. Tidak pernah mendidik anak berkomunikasi dengan baik.
Sebagai makhluk sosial maka salah satu kebutuhan mendasar manusia adalah berbicara atau berkomunikasi dengan oranglain. Berbicara adalah salah satu karunia Allah Swt yang sangat besar sekali bagi kehidupan manusia, apa jadinya jika  manusia tidak saling bicara ataun berkomunikasi dengan orang lain. Maka apa bedanya dengan makhluk lain misalnya batu atau tumbuhan. Ayah bunda perlu mengajari putra putrinya berbicara yang baik. Berbicara atau berkomunikasi yang baik adalah salah satu ciri karakter yang baik.
Untuk itu orangtua hendaknya jangan hanya berbicara dengan anak saat anak melakukan kesalahan dan berbicaranya Ayah Bunda karena memarahinya saja. Ayah Bunda hendaknya tidak melakukan hal itu. Semoga bermanfaat. [ ]

5

Redaksi: admin

833

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini