Prinsip Umum Melakukan Stimualsi Pada Anak, Ini Yang Harus Ayah Bunda Perhatikan

0
55

PARENTINGISLAM.ID – – Stimulasi adalah perangsangan dan latihan-latihan terhadap kepandaian anak yang datangnya dari lingkungan di luar anak. Tujuan stimulasi perkembangan adalah untuk membantu anak agar mencapai tingkat perkembangan yang baik dan optimal sesuai dengan kemampuan genetiknya.

Stimulasi yang dilakukan sejak lahir, terus menerus, bervariasi, dengan suasana bermain dan kasih sayang, akan memacu berbagai aspek kecerdasan anak.

Stimulasi harus diberikan secara teratur pada anak sehat yang perkembangannya baik, jadi jangan menunggu sampai perkembangan anak menjadi terlambat dan baru kemudian distimulasi.

Stimulasi terbaik diberikan pada saat kondisi fisik maupun mental anak telah siap menerima stimulasi sesuai dengan umur perkembangannya.

Contoh: saat yang terbaik untuk melatih (stimulasi) kemmpuan berjalan adalah pada usia 10 – 11 bulan. Karena pada usia ini –baik fisik maupun mental—anak telah siap untuk dilatih berjalan sehingga akan diperoleh hasil yang optimal.

Prinsip Umum Melakukan Stimualsi

Saat bermain dengan anak merupakan saat identik untuk memberikan stimulasi perkembangan. Secara umum, prinsip-prinsip melakukan stimulasi adalah sebagai berikut.

  • Sebagai ungkapan rasa kasih sayang
  • Bertahap dan berkelanjutan, serta mencakup empat bidang kemmpuan perkembangan
  • Dimulai dari kemampuan perkembangan yang telah dipunyai anak, dilanjutkan pada kemampuan perkembangan yang seharusnya dicapai pada usia tersebut
  • Dilakukan secara wajar, santai, tanpa paksaan atau hukuman, tanpa pernah sekalipun alpa bahwa gaya hidup anak adalah bermain sehingga tercipta suasana yang menyenangkan
  • Anak harus selalu diberi pujian atas keberhasilannya
  • Bila diperlukan alat bantu stimulai, harus yang tidak berbahaya, sederhana, dan mudah didapat
  • Stimulasi harus bervariasi agar tidak membosankan

Untuk mencapi tumbuh kembang yang optimal, kebutuhannya harus dipenuhi. Nutrisi dan stimulasi merupakan faktor yang sangat menentukan.[ ]

5

Redaksi: admin

870

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini