5 Rekomendasi Mainan Bayi 2 Bulan Untuk Tumbuh Kembang Maksimal

0
386

PARENTINGISLAM.ID – – Bermain adalah kegiatan yang sangat disenangi bayi. Oleh karena itu, wajar bila Bunda kerap membelikan mainan untuk Si Kecil. Bahkan, menggunakan mainan juga dapat menjadi sarana untuk belajar bayi, tentu dengan memilih mainan yang sesuai dengan usia tumbuh kembang Si Kecil.

Dalam Journal American Medical Association (JAMA) Pediatrics, bermain, memiliki peran penting dalam perkembangan bahasa anak-anak. Jumlah dan frekuensi bahasa yang diucapkan anak-anak oleh pengasuh dewasa selama tahun-tahun awal pertumbuhan adalah faktor kunci dalam bagaimana bahasa anak dapat berkembang.

Jika Bunda sedang mencari mainan bayi 2 bulan yang cocok, berikut ini ada rekomendasi menarik yang dapat dipilih.

Rekomendasi Mainan Bayi 2 Bulan

Mengutip National Association for the Education of Young Children, bayi usia dua bulan suka melihat orang-orang, dan mengikuti orang dengan mata mereka.

Maka dari itu, mainan bayi 2 bulan yang bagus adalah benda-benda yang dapat mereka raih, pegang, hisap, digoyangkan, bernada, boneka lembut, atau bola bertekstur. Berikut rekomendasi mainan bayi 2 bulan yang bisa orang tua pilih untuk Si Kecil.

 

  1. Mainan Kerincing Bayi

Mengutip Mom Junction, mainan kerincing melatih keterampilan indera pendengaran, indera sentuhan, dan keterampilan motorik. Bahkan, bisa membantu pelacakan hingga pengembangan visual. Suara adalah rangsangan utama untuk mendapatkan reaksi dari Si Kecil yang berumur dua bulan. Karena itu, mainan kerincing dan musik bisa menjadi rekomendasi mainan bayi 2 bulan.

Pilih mainan kerincing yang bisa digenggam dengan mudah, serta nyaman dan memiliki besar mainan yang aman untuk telapak tangan Si Kecil yang masih mungil. Cara memainkannya sekaligus melatih bayi adalah dengan membiarkan bayi berbaring di permukaan yang aman dan rata. Ambil mainan kerincing dan dekatkan dari kejauhan secara perlahan.

Pindahkan juga dari satu sisi ke sisi lain sehingga Si Kecil bisa mengikutinya dengan matanya. Kemudian, goyangkan atau sentuh bayi dengan lembut untuk mendapatkan perhatiannya. Bayi akan belajar fokus pada mainan, pupil akan menyempit, dan bayi akan menunjukkan ekspresi.

 

  1. Mainan Piano Khusus Bayi

Mainan musik piano ini dapat melatih keterampilan koordinasi suara dan tangan. Bayi usia 2 bulan dapat menjadi lebih waspada terhadap suara sehingga ini dapat menjadi mainan bayi 2 bulan yang menarik untuknya. Coba mainkan berbagai jenis suara sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan sensorik dan perkembangan kognitifnya.

Mainan musik piano juga dapat meningkatkan pemahaman bayi tentang suara dan bahasa. Selain itu, mainan piano bayi dapat memberikan latihan yang menyenangkan untuk membangkitkan pendengaran dan penglihatan. Pilih mainan dengan tombol-tombol piano yang terbuat dari bahan lembut dan dapat disentuh dengan mudah oleh jari Si Kecil. Bahan-bahan yang ringan tersebut juga akan meminimalisir risiko mencelakai bayi.

 

  1. Mainan Teether

Mainan bayi 2 bulan selanjutnya adalah teether bayi, yang dapat melatih keterampilan motorik kasar, kekuatan rahang, serta persepsi sensorik melalui mulut.

Mainan ini khusus untuk mengunyah, yang merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan bayi usia dua bulan. Selain dapat melatih kekuatan rahang, teether juga bisa mendorong stimulasi perasa.

Agar aman, pilih mainan teether yang terbuat dari silikon bebas dari bahan kimia berbahaya seperti ftalat, lateks, dan BPA. Pastikan mainan teether tersebut juga berlisensi resmi sehingga aman saat digigit bayi.

 

  1. Boneka yang Lembut untuk Bayi

Tidak hanya untuk balita, boneka juga dapat menjadi mainan bayi 2 bulan yang ideal untuk tumbuh kembang Si Kecil. Bermain dengan boneka berbulu lembut dapat mengembangkan pergerakan otot, dan persepsi dan visual.

Mainan dalam bentuk boneka warna-warni dengan beragam corak ini akan bertindak sebagai stimulus warna dasar yang bagus untuk bayi. Selain itu, motif atau corak pada boneka juga dapat membantu mendorong pengenalan pola pada bayi.

Pastikan memilih boneka lembut yang tidak memiliki banyak bulu karena khawatir bila bulu tersebut rontok. Bunda juga dapat memilih boneka dengan warna-warna cerah.

 

  1. Balok dari Bahan Kain yang Lembut

Bagi Bunda yang ingin memberikan Si Kecil mainan balok ketika mereka masih berusia dua bulan, pilihlah mainan balok dari bahan kain yang lembut.

Pada usia ini, bayi biasanya mulai mengembangkan indera mereka dan belajar terutama melalui sentuhan. Mainan balok kain hadir dalam desain yang menggemaskan, berbagai bahan, dan tekstur seperti halus, licin, kenyal, atau bergelombang.

Mainan balok berbahan kain dapat membantu bayi mengeksplorasi bentuk dan warna visual baru. Tak hanya itu, mainan balok dari kain juga dapat membantu meningkatkan perkembangan taktil dan sensorik bayi.

Nah, itu dia rekomendasi mainan bayi 2 bulan yang dapat membantu tumbuh kembang Si Kecil. Jangan lupa untuk selalu membaca label rekomendasi usia pada mainan dengan cermat sebelum membelinya, ya.

Semoga bisa menjadi referensi bagi Ayah dan Bunda sebelum membeli mainan bayi untuk anak. [ ]

Sumber: orami.co.id

5

Redaksi: admin

835