Mengajarkan Anak Berdoa, Pahamkan 5 Kesempatan Ini Kepadanya

0
458
PARENTINGISLAM.ID – – Dalam ajaran Islam aktivitas berdoa merupakan salah satu ibadah kepada Allah SWT. Meski terkesan sederhana dan bersifat pribadi namun hendaknya jangan menyepelekan aktivitas berdoa ini. Kebiasaan berdoa juga harus diajarkan kepada buah hati sejak dini.
Doa merupakan permohonan seorang hamba yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Tujuan permohonan tersebut adalah agar sesuatu yang dilakukan berjalan dengan lancar dan mendapatkan ridho dari-Nya. Doa juga merupakan suatu ungkapan rasa syukur bahkan kita diperintahkan berdoa kepada Allah SWT. Dalam Al Quran dijelaskan,
(186). وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)
Doa yang diajarkan kepada anak adalah doa-doa sederhana yang ditujukan agar anak terbiasa berdoa sebelum dan sesuadah melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam mengajarkan agama Islam, doa-doa yang dipilihkan adalah doa yang ringan seperti doa sebelum makan dan sesudah makan, doa sebelum belajar dan sesudah belajar, doa sebelum tidur dan setelah bangun tidur, doa sebelum masuk kamar mandi dan doa sebelum keluar kamar mandi.
Anak juga diajarkan mengucapkan Alhamdulillah, Bismillah, Subahanallah, Masyaallah, Astaghfirullah dan lainnya. Tujuan anak-anak diajarkan berdoa setiap saat adalah agar anak-anak diajarkan mengenal Tuhannya melalui aktivitas kebiasaan sehari-hari mereka.
Seperti dikutip dari anggunpaud.kemdikbud.go.id, berikut ini akan dijelaskan bagaimana memahamkan doa pada anak agar ia mengerti mengapa ia harus berdoa:
  1. Berdoa Sebelum Makan
Makan adalah aktivitas harian . Anak-anak biasanya diajarkan doa sebelum makan. Bunyi doa sebelum makan adalah: Allohumma barik lanaa fiimaa rozaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar. Yang artinya “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.
Ayah Bunda bisa memberikan pemahaman sederhana tentang doa ini, misalnya “Nak, Allah telah memberikan rezeki kepada kita berupa makanan, entah itu banyak atau sedikit, kita harus selalu bersyukur. Dengan makan kita bisa bermain, berlari, pergi ke sekolah dan sebagainya.
2.Berdoa Setelah Makan
Anak-anak biasanya diajarkan doa setelah makan. Bunyi doa setelah makan adalah: Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa jaalanaa muslimiin. Yang artinya “Segala puji bagi Allah yang telah member makan kami dan minuman kami, dan menjadikan kami sebagai orang-orang muslim”.
Pemahaman ini juga bisa kita buat dengan cerita sederhana “adek tahu, ketika kita sebelum dan sesudah makan berdoa maka setan akan menangis. Adek tahu kenapa setan menangis? Karena setan tidak bisa ikut makan dan minum”.
3.Ketika Anak Hendak Melakukan Atau Memulai Mengerjakan Sesuatu
Anak terbiasa mengucapkan “Bismillahirahmanirahim” yang artinya dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Pemahaman sederhana yang bisa kita sampaikan kepada anak adalah dengan perumpamaan.
“Kalau kita pamit dan izin dulu kalau melakukan sesuatu sama ayah atau ibu menurut adek baik apa engga?” “Baik Bu”, lalu ibu mengangguk. Nah kalau begitu, “kalau mau mengerjakan sesuatu dan izin dulu kepada Allah merupakan tindakan yang baik, Allah pun akan selalu bersama adek dimanapun dan saat melakukan apapun, sehingga adek tahu Allah selalu menjaga adek”. Jadi anak akan tahu betapa pentingnya mengucapkan basmalah sebelum ia melakukan sesuatu.
4. Ketika Anak Mendapatkan Kebahagian Dan Nikmat
Maka ajarkan ia untuk bertahid yaitu mengucapkan “Alhamdulillah” yang artinya segala Puji Bagi Allah. Pemahaman yang dapat orang tua berikan kepada anak yaitu “Allah akan senang kalau kita selalu bersyukur, dan apabila kita mensyukuri nikmat Allah maka Allah akan menambah nikmat kita, maka ketika ayah dan ibu memberikan uang saku maka adek harus bersyukur dengan mengucap alhamdulillah”.
5.Ketika Anak Takjub Dengan Sesuatu
Maka ia akan brtasbih dengan mengucapkan “Subhanallah” yang artinya Maha Suci Allah. Pemahaman yang bisa orang tua berikan kepada anak adalah dengan “ memberitahu anak ketika ia melihat sesuatu yang menakjubkan, seperti anak melihat pegunungan, pantai yang cantik, matahari yang indah maka anak harus bersyukur bisa melihat sesuatu yang indah yang Allah SWT ciptakan untuk manusia, dan anak hendaknya mengucapkan subhanallah.
Memahamkan makna doa pada anak merupakan hal baik yang dapat guru dan orang tua lakukan agar anak mampu membangun fondasi keimanan serta percaya bahwa Allah SWT selalu ada bersamanya dalam setiap langkah kehidupannya. Harapannya anak tidak salah jalan dalam menghadapi berbagai masalah di depannya karena mereka akan lebih tenang karena Allah SWT bersama mereka. Selamat mencoba. [ ]

5

Redaksi: admin

850