Bayi Menghisap Jari, Boleh atau Berbahaya ?

0
58
PARENTINGISLAM.ID – – Seorang bayi yang menghisap atau memasukkan jari ke mulut ini pertanda ia mulai memasuki tahap oral. Tahapan ini biasanya akan dialami bayi pada usia 0 hingga 18 bulan. Ini adalah tanda normal yang dilakukan oleh batita.

 

Ketika balita memasukkan atau menghisap jarinya ke mulut ia akan merasa nyaman. Ternyata ini pertanda baik dan positif. Jadi Ayah Bunda tidak perlu khawatir jika balitanya melakukan hal yang demikian.

 

Tindak balita yang menghisap jarinya ke mulut merupakan hal yang aman dan nyaman baginya. Hal  ini akan menumbuhkan rasa percaya diri pada sang bayi. Inilah modal untuk mengembangkan pribadi yang sehat serta rasa percaya diri yang tinggi dikemudian hari.

 

Ayah Bunda juga tidak perlu khawatir aktivitas ini akan terbawa hingga besar. Sebab, secara alamiah secara bertahap kegiatan ini akan ditinggalkan sesuai dengan perkembangan usianya dan perkembangan psikomoriknya.

 

Yang perlu dilakukan Ayah Bunda adalah memberikan fasilitas kepada sang bayi dengan memberikan benda-benda yang aman untuk dihisapnya. Pilihlah benda yang lunak dengan ukuran yang tidak terlalu kecil sehingga tidak mudah untuk ditelannya.

 

Selain itu juga perlu diperhatikan bentuk benda tersebut. Pilihlah benda yang tidak tajam dengan sudut yang dapat membahayakan mulut sang bayi. Bahan dari karet atau lateks yang lembut dapat bunda pilih.

 

Jangan lupa untuk membersihkan setelah dipakai dan simpan ditempat yang aman dari jangkauan binatang seperti lalat, cicak, kecoa dan sebagai yang bisa hinggap dibenda yang biasa digunakan sang bayi. Hal ini perlu diperhatikan untuk menghindari kuman dan penyakit yang dibawa binatang tersebut. [ ]

5

Redaksi: admin

930

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini