Keumatamaan Mempunyai Anak dan Cara Mendidiknya, Ini Yang Diajarkan Islam

0
58
Keluarga bahagia
PARENTINGISLAM.ID – – Salah satu fitrah makhluk hidup termasuk manusia adalah hidup berpasang-pasangan dengan lawan jenis. Namun manusia khususnya orang yang beriman untuk hidup berpasangan dengan lawan jenis harus memenuhi syariat dalam beragama.
Keberkahan hidup berumah tangga antara suami istri salah satunya ketika hadirnya seorang anak sebagai buah cinta dan karunia Allah SWT.  Maka kehadiran anak menjadi amanah untuk kedua orangtuanya untuk mendidiknya, yang terpenting dan utama adalah masalah tauhid dan pendidikan.
Namun juga peranan orangtua dalam mendidik anaknya menjadi shalih juga sangatlah penting, karena tidak mungkin sebuah objek yang bengkok menghasilkan bayangan yang lurus. Hal ini seperti yang disabdakan Rasulullah SAW,
Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Setiap manusia dilahirkan ibunya atas dasar fitrah. Dan kedua orang tuanyalah yang sesudah itu yang menjadikannya sebagai Yahudi dan Nashara dan Majusi. Maka apabila kedua orang tuanya muslim, maka jadilah dia anak muslim..” [Riwayat Muslim dan lain-lain]
Pendidikan tauhid ini yang menjadi dasar dalam pengajaran kepada anak-anak. Orangtua khususnya ayah mempunyai kewajiban yang utama dalam masalah ketauhidan. Pendidikan yang baik kepada anak-anak akan melahirkan anak yang beradab dan beretika serta patuh kepada orangtuanya.
Anak adalah investasi dunia akhirat. Di dunia mereka akan menjadi sandaran orangtua, merawat saat orangtua sudah tua dan sebagainya. Sementara diakhirat ia akan selalu mengirimkan kebaikan dan pahala amal shalih.
Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).
Inilah salah satu keutamaan mempunyai anak yang kemudian mendidiknya menjadi anak yang shalih shalihah. Demikian Allah SWT mengkaruniakan anak kepada orangtua. [ ]
Sumber: almanhaj.or.id

5

Redaksi: admin

830

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini