Agar Anak Mencintai dan Meneladani Rasulullah, Ayah Bunda Lakukan 3 Hal Sederhana Ini

0
70

PARENTINGISLAM.ID – – Bagi seorang muslim sosok Rasulullah Saw adalah teladan sepanjang masa. Keteladanan itu bukan hanyaa saat dan setelah Nabi Muhammad Saw diangkat sebagai Nabi dan Rasul, tetapi sejak masa kanak-kanak pun Muhammad sudah menjadi teladan bagi teman-teman bermainnya. Dalam Al Quran secara tegas Allah Swt telah sebutkan bahwa Rasulullah Saw adalah pribadai teladan yang nyata,

 

(21). لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” ( QS.Al Ahzab: 21)

 

Meski kehidupan Rasulullah Saw sudah berlalu lebih dari 1400 tahun yang lalu namun keteladannya masih berlaku sepanjang masa bahkan dalam kondisi kekinian. Untuk itu bagi Ayah Bunda yang sudah dikaruniai buah hati, sosok Rasulullah Saw pun bisa dijadikan teladan dalam mendidik anak.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh At-Tabrani dari Ali bin Abi Thalib RA bahwa Nabi ﷺ bersabda:

اادبوا اولادكم على ثلاث حصال: حب نبيكم وحب ال بيته وتلاوة القراًن فان حملة القران فى ظل الله يوم لاظل الا ظله مع انبياءه واصفيائه

Didiklah anak-anakmu atas tiga hal; mencintai nabimu, mencintai ahli baitnya dan membaca al-Qur’an, karena orang mengamalkan al-Qur’an nanti akan mendapatkan naungan Allah pada hari ketika tiada naungan kecuali dari-Nya bersama para nabi dan orang-orang yang suci”.

Dalam aspek individu, Rasulullah ﷺ. sosok yang paling rajin beribadah, memiliki kepribadian yang mulia. Dalam aspek keluarga, Beliau menjadi ayah,suami dan kerabat yang baik. Sayang kepada anak dan keluarga.

Dalam aspek negara, Rasulullah ﷺ. merupakan kepala negara di Madinah(ra’is ad-dawlah). Kepemimpinan seperti Beliau sangat dinantikan saat ini. Pemimpin yang menerapkan Syariat Islam secara kaffah.

Lalu bagaimana agar anak mencintai Nabi Muhammad ﷺ. Tentunya harus mengenalkan sosok Nabi Muhammad ﷺ. ke anak-anak sejak usia dini.

Beberapa tips berikut ini juga bisa Ayah Bunda lakukan agar anak-anak mencintai dan meneladani Rasulullah Saw sejak dini. Sehingga ketika kelak ia sudah dewasa maka perilaku dan sikap anak-anak pun dengan mudah mencontoh Rasulullah Saw.

  1. Ceritakan Kisah Hidupnya.

Ayah bunda bisa menceritakan langsung sosok Rasulullah Saw baik berkisah langsung maupun sambil membaca buku. Selain itu saat ini juga beberapa film animasi yang menceritakan kisah Rasulullah Saw yang cukup bagus untuk disaksikan Bersama.

  1. Sarirah

Disini ayah bunda bisa menceritakan tentang indahnya sosok Rasulullah Saw, berpikirnya serta sikap Rasulullah Saw dalam segala hal dan kesempatan saat itu.

  1. Shurah

Ayah bunda dapat menyampaikan sosok Rasulullah Saw sebagai manusia biasa seperti kita. Namun beliau mempunyai keistimewaan dalam akhlak, masa tumbuhkembangnya bahkan dalam berpakaiaannya. Juga dalam kehidupan keseharian beliau saat masa kecilnya.

 

Demikian ayah bunda beberapa tips yang bisa dilakukan terkait dengan cara agar anak-mencintai dan meneladani Rasulullah Saw sebagai Nabi dan Rasul terakhir. Selamat mencoba. [ ]

 

5

Red: admin

840

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini