Anak-anak Juga Bisa Alami Long Covid, Ini Pesan Dokter Anak

0
237

PARENTINGISLAM.ID – – ┬áPaparan virus Covid-19 pada orang dewasa kerap menyebabkan keluhan berkepanjangan. Satu bahhkan tiga bulan setelah dinyatakan negatif Covid-19, tubuh masih merasakan mudah lelah, batuk kecil hingga nyeri dada.

Kondisi tersebut dikenal dengan sebutan gejala long covid. Hal itu juga dialami pada anak-anak yang sudah sembuh dari Covid-19. Hal ini diungkapkan oleh Profesor Aman Pulungan, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

” Banyak yang tanya ke saya tentang Long Covid pada anak terutama saat mulai ada wacana sekolah tatap muka. Kita jelas sudah ada, memang belum terdata baik,” tulis Profesor Aman dalam akun Instagram resminya @amanpulungan.

Ia pun memaparkan gejala long covid pada anak tak jauh berbeda pada orang dewasa. Antara lain kelelahan, nyeri kepala, batuk, demam yang naik turun, nyeri otot, nyeri dada, kehilangan penciuman, kesulitan konsentrasi, gangguan pencernaan dan berbagai gejala lainnya.

Profesor Aman juga menunjukkan penelitian di dua negara soal long covid pada anak. Seperti di Italia, sebanyak 42,6 persen anak yang terinfeksi Covid-19 dengan minimal 1 gejala, memiliki gejala yang berlanjut hingga 120 hari.

Lalu di Inggris, sebanyak 12,9 persen dari usia 2-11 tahun dan 14.5 persen dari usia 12-16 tahun masih merasakan gejala 5 minggu setelah infeksi.

” Apakah Long Covid-19 bisa dicegah? Long covid hanya bisa dicegah dengan mencegah anak terinfeksi Covid-19. Mari berasama kita jaga anak Indonesia,” pesan Profesor Aman. [ ]

5

Redaksi: admin

830

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini