5 Persiapan Penting Anak Kembali Sekolah Setelah Libur Panjang

0
269

PARENTINGISLAM.ID – – Kembali ke rutinitas sekolah setelah liburan sekolah menjadi salah satu hal yang menjadi tantangan bagi para orangtua. Si Kecil mungkin sudah terlalu asyik bersantai sehingga ia pun bisa merasa ogah-ogahan untuk kembali bersekolah setelah liburan panjang.

Jangan khawatir Moms, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengembalikan suasana hati Si Kecil agar bisa bersekolah lagi usai libur sekolah berakhir. Berikut tipsnya, dikutip dari sandiegofamily.com.

  1. Kendalikan Elektronik dan Dapatkan Tidur yang Cukup

Liburan sekolah membuat anak penuh kendali untuk menggunakan elektronik seperti TV, komputer, dan media lainnya. Sangat mudah bagi anak-anak untuk tidur di larut malam ketika mereka tahu bahwa mereka dapat tidur di pagi berikutnya.

Kebiasaan ini dapat membuat minggu pertama kembali ke sekolah menjadi menantang, bahkan bagi anak yang paling termotivasi untuk belajar.

Sebelum anak kembali ke sekolah, kurangi waktu bermain layar dan ajak anak kembali memiliki waktu tidur yang cukup dan wajar.

  1. Ingat Sarapan

Sarapan yang sehat dan penuh nutrisi adalah salah satu faktor terpenting dalam kemampuan anak untuk fokus di dalam kelas saat menerima pelajaran.

Jika ia tiba di sekolah dengan kondisi lapar, kemungkinan akan lamban dan terganggu dalam mencerna pelajaran. Jika sarapan yang dia makan terdiri dari sereal manis atau donat yang manis, dia akan sering mengalami penurunan energi satu jam dalam sehari.

Mulailah dengan sarapan yang bergizi dan mengisi, bahkan di hari-hari terakhir libur sekolahnya. Moms bisa memberikan sarapan penuh nutrisi seperti oatmeal atau roti bakar dengan selai kacang.

  1. Persiapkan Peralatan Sekolah

Persiapkan perlengkapan sekolah Si Kecil. Apakah ada yang perlu diisi ulang pensil atau buku catatannya? Apakah tas punggungnya kotor?

Bantu anak kembali ke sekolah dengan pensil yang sudah diasah dan buku catatan yang sudah tersusun rapi. Hal ini membantu Si Kecil lebih siap untuk kembali ke sekolah.

 

  1. Perhatikan Catatan

Kembali pindai catatan sekolah anak layaknya saat sebelum libur sekolah. Bagi banyak anak, antusiasme awal mereka untuk melihat catatan ini akan berkurang seiring mendekati masuk sekolah.

Luangkan waktu setiap hari untuk memeriksa surat dan selebaran dari sekolah. Meskipun beberapa di antaranya mungkin tidak relevan.

Kebiasaan ini akan membuat hidup anak dan Moms lebih mudah. Moms jadi mengingat kembali informasi yang pernah diberitahukan sekolah, dan siapa tahu itu merupakan hal yang penting.

 

  1. Kembali ke Pekerjaan Rumah

Sama seperti pada awal tahun, anak harus kembali ke kebiasaan pekerjaan rumah yang teratur. Begitu juga Moms sebagai orang tua.

Putuskan jadwal terbaik untuk Moms dalam menyisihkan waktu bagi anak ketika ia memiliki pekerjaan rumah. Semakin sering Moms menyediakan diri untuk membantu anak, maka tentunya semakin baik. [ ]

 

5

Redaksi: admin

904