Anak Begadang Hingga Malam ? Ini Bahayanya Menurut Islam

0
119
PARENTINGISLAM.ID – – Dalam memasuki masa liburan sekolah, anak-anak biasa tidur agak malam bahkan sampai larut. Salah satu alasannya karena esoknya tidak belajar di sekolah atau pun belajar online di rumah.
Namun sebenarnya dalam Islam bab atau perkara tidur ini juga sudah diatur. Dalam sebuah haditsnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri mengajarkan tidur pada awal malam, menghindari begadang.
Dari Abu Ishaq, beliau berkata bahwa beliau menanyakan kepada Al-Aswad bin Yazid tentang perkataan ‘Aisyah mengenai shalat malam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. ‘Aisyah berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa tidur di awal malam dan beliau menghidupkan akhir malam (dengan shalat).” (HR. Muslim, no. 739)
Begadang tanpa keperluan itu tidak baik. Diriwayatkan dari Abi Barzah, beliau berkata,
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَالْحَدِيثَ بَعْدَهَا
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari, no. 568)
Ibnu Baththal rahimahullah menjelaskan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak suka begadang setelah shalat ‘Isya karena beliau sangat ingin melaksanakan shalat malam dan khawatir jika sampai luput dari shalat shubuh berjama’ah. ‘Umar bin Al-Khottob sampai-sampai pernah memukul orang yang begadang setelah shalat Isya, beliau mengatakan, “Apakah kalian sekarang begadang di awal malam, nanti di akhir malam tertidur lelap?!” (Syarh Al-Bukhari, Ibnu Baththal, 3:278, Asy-Syamilah)
Ini akibatnya jika anak dibiarkan begadang:
  1. Hormon pertumbuhan terganggu
  2. Lebih berisiko mengalami obesitas di kemudian hari
  3. Gampang marah dan mengganggu suasana hati
  4. Mengantuk sepanjang hari
  5. Sulit konsentrasi saat beraktivitas
  6. Ini paling penting: anak akan sulit bangun untuk shalat shubuh tepat waktu

 

Sumber: rumaysho.com

 

Redaksi: admin

860

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini