Sudah Lama Menikah Istri Belum Hamil ? Coba Cek 5 Hal Ini Pada Suami

0
97
Suami istri menanti hadirnya buah hati ( ilustrasi foto: pixabay)
PARENTINGISLAM.ID – – Salah satu tanda kebahagian suami istri adalah hadirnya buah hati dalam rumah tangga. Hadirnya anak akan menjadi pelengkap dan perekat suami istri.
Namun kenyataan tidak semua keluarga mempunyai kesempatan ini. Sudah bertahun-tahun menikah namun istri belum hamil. Ragam cara dan ikhtiar juga sudah diusahakan dari yang tradisional hingga yang modern.
Penyebabnya bisa dari keduabelah pihah. Bisa jadi istri mandul atau suami yang tidak subur. Salah satu penyebab suami mandul antara lain:
  1. Kualitas Sperma yang Buruk
Kualitas sperma menentukan akan terjadinya kehamilan. Hal ini menyangkut bentuk sperma dan gerakannya yang tidak sempurna, maka tidak akan mampu mencapai sel telur. Berikutnya adalah konsentrasi sperma yang rendah, secara medis ukuran normal (sehat) adalah 20 juta atau lebih sperma/ml semen. Rusaknya kualitas sperma bisa terjadi akibat memakai celana ketat, alkohol, merokok, kelelahan atau terlalu sering berejakulasi.
  1. Kelainan Genetik
Sindroma Klinefelter atau kelainan genetik menyebabkan seorang pria mempunyai satu kromoson Y dan dua kromoson X. Hal ini mempengaruhi pertumbuhan testis sehingga pria tersebut sedikit saja atau bahkan tidak memproduksi sperma sama sekali.
  1. Gangguan Hormonal
Hormon testosteron yang terganggu bisa menghambat produksi sperma. Untuk merangsang agar testis memproduksi sperma, diperlukan hormon dari kelenjar pituitari. Bila hormon tersebut terganggu, jumlah menurun atau bahkan tidak ada, maka testis tidak akan bekerja sempurna.
  1. Varikokel
Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah balik / vena di sekitar buah zakar. Pada pemeriksaan fisik, hal ini ditemukan dalam bentuk benjolan di bagian atas buah zakar yang akan bertambah besar dan nyata bila mengejan. Yang lebih sering kena adalah buah zakar kiri. Sebagian besar varikokel tidak disertai rasa sakit walaupun ada yang mengeluh pegal-pegal di daerah tersebut. Tindakan yang saat ini dianggap paling tepat adalah dengan operasi dan angka keberhasilannya mencapai 66 persen.
 
  1. Saluran Sperma Yang Tersumbat
Hal ini bisa saja merupakan bawaan lahir, atau adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Adanya penyumbatan ini dipastikan dengan operasi. Bila sumbatan tidak begitu parah, dengan bantuan mikroskop dapat diusahakan koreksinya dan dapat diketahui pula ada tidaknya produksi sperma di buah zakar. [ ]

Sumber: buku “ Kehamilan Yang Didamba

 

5

Redaksi: admin

934

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini