Doa Dan Adab Ketika Bersin, Ayah Bunda Yuk Ajarkan Ini Pada Anak

0
114
ilustrasi foto: freepik.com

PARENTINGISLAM.ID – – Bersin adalah proses dan aktivitas alami bagi manusia, baik orang dewasa maupun anak-anak. Dalam pandangan dan kajian medis, bersin sendiri sebenarnya menyebatkan sebab ia mampu mengeluarkan kotoran dan bakteri dalam hidung.

Jika posisi kita dekat dengan orang yang sedang bersin, sebaiknya menghindar. Kotoran dari hidung yang dikeluarkan akibat bersin mampu mencapai jarak 150 cm. Jadi, jangan sampai kotoran tersebut menempel pada tubuh kita.

Untuk itu secara etika dalam melakukan aktivitas bersin pun ada adab yang hendaknya dilakukan. Hal ini perlu disampaikan dan diajarkan kepada anak-anak juga.

Beberapa adab yang perlu disampaikan kepada anak Ketika bersin adalah: menutup mulut dengan tisu atau sapu tangan, menjauh dari kerumunan orang, menghadap tempat kosong atau tembok dan jangan lupa berdoa.

Sebagai seorang muslim semua ada adabnya termasuk dalam hal bersin ini. Seperti yang sampaikan dalam sebuah riwayat yang disampaikan oleh Abu Hurairah Ra ,

Bahwasannya Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam jika bersin beliau meletakkan tangannya atau pakaiannya di atas mulutnya, dan dengannya beliau memelankan suara (bersin)” (Riwayat At Tirmidzi, beliau menyatakan,”hadits hasan shahih”)

Dari hadits di atas, Al Munawi menyimpulkan bahwa Rasulullah menahan suara bersin dengan menutup mulut dengan tangan atau baju, dalam riwayat lain menutup wajah. Rasulullah juga tidak berteriak ketika bersin sebagaimana dilakukan oleh kebanyakan manusia awam. At Taurabasyti menyatakan bahwa hal ini merupakan bagian dari adab, dimana manusia tidak suka mendengar suara bersin atau menyaksikan ingus. (lihat Faidh Al Qadir, 5/149)

Sementara doa ketika bersin dan yang  mendengarnya sebagai berikut:

Orang yang bersin mengucap: ALHAMDULILLAH (Segala Puji hanya milik Allah) daan yang mendengarnya mengucap: YAR_HAMUKALLAH (semoga Allah mengasihimu) yang kemudian dibalas kembali oleh yang bersin dengan mengucap:YAHDIKUMULLAH WA YUSHL_IHU BAALAKUM (semoga Alloh memberi hidayah padamu dan memperbaiki urusanmu).” (HR. At-Turmudzi)

Untuk itu hendaknya tetap menjaga adab ketika bersin, apalagi saat ini yang masih dalam situasi pandemi maka melaksanakan protocol Kesehatan juga hendaknya menjaga adab yang diajarkan Islam. Dengan demikian bersin menjadi sesuatu yang menyehatkan jug ladang pahala. [ ]

 

5

Redaksi: admin

761

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini