Penyebab Gigi Anak Jadi Geripis dan Cara Mengatasinya

0
1051

PARENTINGISLAM.ID – – Penyebab utama gigi anak geripis  atau early childhood caries karena konsumsi makanan manis diikuti pembersihan gigi yang kurang tepat. Menurut dokter gigi Kalya Putri insiden gigi geripis sering terjadi saat anak berusia di bawah tiga tahun.

Penyebab utama gigi geripis itu karena asupan makanan. Anak usia di bawah tiga tahun itu kan suka mengemil seperti biskuit. Nah dari diet itulah penyebab paling utama. Lalu juga karena kebersihan mulut yang kurang baik.

Jika ditilik dari asupan makanan, bukan hanya permen atau cokelat penyebab utama gigi geripis pada anak, melainkan makanan karbohidrat yang bisa difermentasi seperti biskuit dan wafer. Jika asupan makanan tersebut sering, misalnya ia mengonsumsi setiap dua jam sekali, risiko anak mengalami gigi geripis meningkat.

Kenapa mulut anak harus dibilas setelah disusui adalah seperti ini penjelasannya  adalah ASI pun mengandung glukosa, dan tingkat asam setiap manusia di dalam mulutnya kan berbeda-beda, makanya walaupun kandungan glukosa dalam ASI paling sedikit dibanding sufor dan UHT, makanya disebagian bayi ada yang tetap gripis giginya kalau disusui sampai ketiduran. Makanya kita kurangi dampaknya dengan cara gosok dan bersihkan gigi dan mulutnya pakai kain kasa dan air hangat. Misalnya malas, bisa pakai sikat gigi bayi yang dipasang di jari”

Karena nasi sudah jadi bubur, alias gigi anak saya yang umurnya 3 tahun 10 bulan ini sudah gigis, 4 di bagian atas sudah habis, jadi hal yang bisa dilakukan adalah tetap sikat gigi 2x sehari untuk ikhtiar menjaga kebersihan gigi serta mulutnya. Saya juga usaha kenalin Zidan ke dokter gigi dengan saya ajak ke ruangannya ketika saya perawatan gigi. Tujuannya biar dia berani dulu sama dokter gigi.

Untuk Bunda yang anaknya terlanjur geripis atau gigis giginya, ini ada tips untuk merawat gigi gripis si anak :

  1. Optimalkan asupan gizi seimbang anak terutama perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung kalsium serta vitamin C. Agar gigi tetap kuat dan kondisi Asam di mulut tetap seimbang

  1. Bersihkan bagian mulut, yaitu sikat gigi 2x sehari secara perlahan, bagian lidah dengan pembersih lidah, dan gusinya dengan kain kasa

  1. Bilas dengan air putih setelah anak makan dan minum yang manis hindari makan manis ketika jam makan utama dan waktu malam

  1. Kontrol gigi anak ke Dokter gigi spesialis anak agar mendapatkan tindakan yang tepat sesuai usia dan kondisi karies gigi nya.

  1. Latih dan tanamkan rasa percaya diri anak walaupun kondisi giginya gripis, agar anak tidak minder saat mulai bersekolah.

Jadi aktifitas menggosok gigi itu kan fungsinya untuk membersihkan mulut dan jaringan sekitar ya, termasuk gusi dan lidah, dan pasta gigi itu gunanya sebetulnya adalah sebagai pelengkap. Misalnya, untuk menambah agar tidak bau mulut, dari aroma mint nya, atau ada juga pasta gigi yg bisa mencegah timbulnya karies, seperti contohnya gc tooth.

Tapi intinya adalah sebenarnya itu cara kita menyikat giginya. Bukan digosok keras-keras, tapi disikat pelan tapi menyeluruh sampai sela-sela gigi dan bersihkan gusi. Dan kalau odolnya, mau pakai apa saja kalau sudah dewasa boleh, walaupun banyak kandungan fluoride, detergen dll, orang dewasa sudah bisa berkumur dan tidak menelan si fluoride itu.  [ ]

Sumber: mommyasia.id

5

Redaksi: admin

836